Pengetahuan Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran
Abstract
Masalah penelitian ini adalah kurangnya guru memanfaatkan alat permainan edukatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru PAUD tentang alat permainan edukatif dalam pembelajaran. Populasi penelitian yaitu seluruh guru TK berkualifikasi S1 dengan jumlah guru sebanyak 87, sampel penelitian berjumlah 47 guru dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, adapun hasil penelitian yakni sebagian besar guru berpengetahuan rendah, berada pada tingkatan kurang paham sebanyak 60%, bahkan terdapat guru yang tidak paham tentang alat permainan edukatif sebanyak 13%. Dari semua indikator dapat disimpulkan bahwa guru masih memiliki pemahaman yang rendah terutama mengenai manfaat (64%), persyaratan pembuatan (55%), serta pengelolaan alat permainan edukatif (75%). Nilai terendah berada pada indikator pengetahuan guru PAUD tentang pengelolaan alat permainan edukatif.
Kata kunci : alat permainan edukatif, paud, pengetahuan guru.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariesta. 2011. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun. Bandung: PT Sandiarta Sukses.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti dan Suwardianto. 2016. Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru Taman Kanak-kanak tentang Alat Permainan Edukatif. Jurnal STIKES. 9(2):127–131.
Halim, F. 2018. Pelatihan Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD. Jurnal Variasi: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim. 10(3):5–9.
Hijriati. 2017. Peranan dan Manfaat APE untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ar-raniry. 3(2):59–69.
Lamb, R. et al. 2017. A Meta-Analysis With Examination of Moderators of Student Cognition, Affect, and Learning Outcomes While Using Serious Educational Games, Serious Games, and Simulations. International Journal of Computers in Human Behavior. 80: 158 – 167.
McLean, K. et al. 2017. Community Playgroup Social Media and Parental Learning about Young Children's Play. International Journal of Computers & Education. 11:201–210.
Muhammad, A. 2010. Penelitian Pendidikan (Prosedur dan Strategi). Bandung: Angkasa.
Niklas, F. 2018. Early Childhood Professionald’ Perceptions of Children’s School Readiness Charateristics in Six Countries. International Journal of Educational Research. 9:144–159.
Noviani dan Komalasari. 2018. Studi Deskriptif Perbandingan Kinerja Guru TK dalam Penggunaan LKA dan APE di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai. 7(1):1–8.
Prasetiyawati, D. dkk. 2011. Upaya Identifikasi Kader-kader PAUD di Kecamatan Ungaran melalui Alat Permainan Edukatif (APE). Jurnal Universitas PGRI Semarang. 1(1):59–74.
Rolina, N. 2012. Alat Permainan Edukatif untuk AUD. Yogyakarta: Ombak.
Saleem, A, K. 2011. Teacher Efficacy: Effects on Arts and Science Teacher’ Performance. International Journal of Language India. 11:71–83.
Silviani, O, L., Rini, R., dan Sofia, A. 2018. Pemahaman Guru tentang Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 4(2):1–9.
Hadi, S. 2005, Statistik Jilid 2. : Yogyakarta: Andi Offset.
Sujiono, Y.N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Syamsuardi. 2012. Penggunaan APE di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone. Jurnal Publikasi. 2(1):59–67.
Tulasi, D. 2010. Menurut Pemahaman Taksonomi Bloom: Suatu Kontemplasi Filosofis. Jurnal Humaniora. 1(2):359–371.
Uno, H. B. 2012. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaman, B, dkk. 2014. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.