Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi simbol angka 1 sampai 10 pada kelompok B TK PKK Tegal Ombo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan anak untuk mengetahui simbol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pra-Eksperimental. Penelitian ini dilakukan di TK PKK Tegal Ombo. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 anak usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data, digunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 5,690 > t-tabel 2,045. Ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional terhadap kemampuan anak untuk mengenali simbol angka. Permainan tradisional berkontribusi 57,2% dalam kemampuan anak-anak untuk mengenali simbol angka.
Kata kunci: anak usia dini, permainan tradisional, lambang bilangan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Jevalitera.
Budiningsih, A. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fad, A. 2014. Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif.
Fitri, W.A. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1 – 10 Melalui Permainan Sunda Manda pada Kelompok A Tkit Ar-Rahmaan I Prambanan Sleman Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hapsari, I.I. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks.
Hasibuan, R. 2010. Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 4:1-8.
Heryanti, V. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Tradisional Congklak. (Skripsi). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Khoirunnisa, D. 2018. Penggunaan Kartu Angka bergambar dan kemampuan mengenal lambang bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. 4:1-13.
Latif, M. dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lestariningrum, A. 2017. Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 11:1-11.
Lucas, M. M. F. 2017. The Game As An Early Childhood Learning Resource For Intercultural Education. Journal of Education Childhood. 5:1-6.
Miswara, A. 2018. Pengaruh Permainan Congklak terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-6 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 02 Malang. Jurnal Pendidikan. 3:1-10.
Montolalu B.E.F, dkk. 2005. Bermain dan Permainan anak. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Musdalifah, M. 2016. Pengaruh Permainan Congklak Bali terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B Ra Baitul Mutaallim. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4:1-10.
Nurcahyo, A. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.
Pudjiati, S.R.R dan Masykouri, Alzena. 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.
Ramani, B.G., Daubert, N.E., & Scalise, N.R. 2019. Role of Play and Games in Building Children’s Foundational Numerical Knowledge. Journal of Education Childhood. 5:1-22.
Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Tadjudin. 2008. Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Investasi Bermain Tata Angka. Jakarta: Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.