Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional

DINA PUSPITA SARI, ari sofia, nia fatmawati

Abstract


The problem of this research was most of the children still experienced difficulties in identifying the numbers symbol 1 until 10 in PKK Tegal Ombo Kindergarten group B. The purpose of this research was to find out  the effect of traditional game on children’s ability to know the symbol. The Method of this research was experimental method with Pre-Experimental design. This research was conducted in PKK Tegal Ombo Kindergarten. The sample in this research were 31 children aged 5-6 years. Data were collected throush observation and documentation, while in analyzing the data, simple linear regression was used. The results showed that a significant value was 0,000 < 0,05 and t-count value of 5,690>t-table 2,045. This can be concluded that there was a significant influenced between traditional games toward children ability to recognize the number symbols. Traditional games contributed 57,2% in children ability to recognize the number symbol.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi simbol angka 1 sampai 10 pada kelompok B TK PKK Tegal Ombo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan anak untuk mengetahui simbol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pra-Eksperimental. Penelitian ini dilakukan di TK PKK Tegal Ombo. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 anak usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data, digunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 5,690 > t-tabel 2,045. Ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional terhadap kemampuan anak untuk mengenali simbol angka. Permainan tradisional berkontribusi 57,2% dalam kemampuan anak-anak untuk mengenali simbol angka.

Kata kunci: anak usia dini, permainan tradisional, lambang bilangan


References


Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Jevalitera.

Budiningsih, A. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fad, A. 2014. Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif.

Fitri, W.A. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1 – 10 Melalui Permainan Sunda Manda pada Kelompok A Tkit Ar-Rahmaan I Prambanan Sleman Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hapsari, I.I. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks.

Hasibuan, R. 2010. Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 4:1-8.

Heryanti, V. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Tradisional Congklak. (Skripsi). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Khoirunnisa, D. 2018. Penggunaan Kartu Angka bergambar dan kemampuan mengenal lambang bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. 4:1-13.

Latif, M. dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lestariningrum, A. 2017. Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 11:1-11.

Lucas, M. M. F. 2017. The Game As An Early Childhood Learning Resource For Intercultural Education. Journal of Education Childhood. 5:1-6.

Miswara, A. 2018. Pengaruh Permainan Congklak terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-6 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 02 Malang. Jurnal Pendidikan. 3:1-10.

Montolalu B.E.F, dkk. 2005. Bermain dan Permainan anak. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Musdalifah, M. 2016. Pengaruh Permainan Congklak Bali terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok B Ra Baitul Mutaallim. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4:1-10.

Nurcahyo, A. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.

Pudjiati, S.R.R dan Masykouri, Alzena. 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.

Ramani, B.G., Daubert, N.E., & Scalise, N.R. 2019. Role of Play and Games in Building Children’s Foundational Numerical Knowledge. Journal of Education Childhood. 5:1-22.

Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Tadjudin. 2008. Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Investasi Bermain Tata Angka. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats