Analisis Deskriptif Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Bicara Anak Usia Dini
Abstract
Abstract
This study aims to describe parenting and speech development of children aged 5-6 years. The method used in this study is quantitative with quantitative descriptive research. The population in this study is about 843 people. The sampling technique used was purposive sampling, the sample in this study is 155 parents in the Sekampung District. Data collection in this study was conducted using questionnaire and observation techniques, while the data were analyzed by calculating the average score index score per dimension of parenting and percentage formula to analyze the development of children's speech. The results of the study show that the majority of parents in Sekampung District use democratic parenting with an average score index of 61.8 and and the development of children's speech in Sekampung District included in the speech development category is quite good with a percentage of 81.30%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dan perkembangan bicara anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 843 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 155 orang tua di Kecamatan Sekampung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner dan observasi, sedangkan data dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata indeks skor per dimensi pola asuh dan rumus persentase untuk menganalisis perkembangan bicara anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua di Kecamatan Sekampung menggunakan pola asuh demokratis dengan nilai rata-rata indeks skor sebesar 61,8 dan perkembangan bicara anak di Kecamatan Sekampung masuk dalam kategori perkembangan bicara cukup baik dengan persentase sebesar 81,30%.
Kata Kunci : anak usia dini, perkembangan bicara anak, pola asuh
References
Firyati, Yulia Indah. 2017. Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nurul Amal Ratulangi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.(Online). Tersedia di http://digilib.unila.ac.id/27585/. Diakses 14 Maret 2019
Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Johnston, Judith. 2010. Factors that Influence Language Development. (Online). Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/253184226). Diakses 1 Mei 2018
Lemonda, Catherine., dan Rodriguez, Eileen. (2014). Parents’ Role in Fostering Young Children’s Learning and Language Development. (Online). Tersedia di http://www.child-encyclopedia.com/documents/tamis-lemonda-rodrigue zangxp_rev-parenting.pdf. Diakses 1 Mei 2018
Miswar, Fajar Maulana. 2015. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Dan Bicara Pada Balita Di Posyandu Gonilan Surakarta. (Online) Tersedia di http:// eprints. ums.ac.id /37943/ 17/ NASKAH% 20PUB.pdf. Diakses 14 Maret 2018
Mulqiah, Zuraida. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). (Online). Tersedia di ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view1364910. Diakses 25 April 2018
Wahy, Hasbi. 2012. Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. (Online). Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/81957-ID-keluarga-sebagai-basis-pendidikan-pertam.pdf). Diakses : 14 Maret 2019
Wakhida, Sika Wahyu. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah Di Tk Pgri 2 Malang. Tersedia : (https://ejournal.akbidwijayakusuma.ac.id/index.php/wkmj/article/download/29/2). Diakses 25 April 2018
Wiyani, Novan Ardy. 2016. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zusfindhana, Inna Hamida. 2018. Penerapan Terapi Wicara Konsonan B/P/M/W Untuk Anak Lambat Bicara Usia 4 Tahun. (Online). Tersedia di http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/download/1455/1275/. Diakses 14 Maret 2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.