Metode Belajar TPR (Total Physical Response) Dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
The purpose of this study was to see the application of the TPR learning method in the introduction of children's English vocabulary. This study used a descriptive quantitative research design using one experimental group. The sampling technique was purposive sampling. The subjects used were 11 children conducted at the Bandar Lampung Rainbow School. The research instrument was a vocabulary test on the test sheet, observation and interview. Data analysis using percentage tables. The percentage table produces accumulated values of children conducted during 4 meetings with results as much as 54.54 percent of the children developed as expected and 45.45 percent with very good developing categories. This study proves that the method of TPR learning increases the children's English vocabulary.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan dari metode belajar TPR dalam pengenalan kosa kata Bahasa Inggris anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Subyek yang digunakan berjumlah 11 anak yang dilakukan di Sekolah Pelangi Alexandria Bandar Lampung. Instrumen penelitian adalah tes kosa kata pada lembar tes, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan tabel persentase. Tabel persentase menghasilkan akumulasi nilai anak yang dilakukan selama 4 kali pertemuan dengan hasil sebanyak 54,54 persen anak dengan berkembang sesuai harapan dan 45,45 persen dengan kategori berkembang sangat baik. Penelitian ini membuktikan bahwa metode belajar TPR meningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak.
Kata kunci: bahasa inggris, pengenalan kosa kata, total physical response
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Tersedia: http://jurnalnasional.ump.ac.id.
Dhieni, N. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fachrurrozi, et. al. 2016. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo.
Febrisma, N. 2013. Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Tersedia:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.
Hanafy, M S. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Tersedia: http://journal.uinalauddin.ac.id.
Khairani, A.I. 2012. Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-23390ade%20irma%20khairani.pdf//.
Setiyadi, B. 2006. Teaching English As A Foreign Language. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Solichin, M M. 2006. Belajar dan Mengajar Dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan. Tersedia: http://ejournal.stainpamekasan.a.id.
Sujiono, N. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Tarigan. 1989. Metodologi Pengajaran Bahasa (Suatu Penelitian Kepustakaan). Jurnal Pendidikan. Jakarta: Depdikbud. Tersedia www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/download/8572/6331//.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wassid, I. 2009. Strategi Pembelajaran Membaca. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.