Metode Proyek dalam Kemampuan Motorik Halus Anak

Noerma Atika, Ari Sofia, Riswandi Riswandi

Abstract


The research problem was children low soft motor skills. This study aimed to determined the relationship between project method and children soft motor skill aged 4-5 years in RA Nurul Ulum Gadingrejo. The research method was used correlation method. Sample technique was total sampling with 30 children. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using spearman rank test. The results showed that there was a relationship between project method and children soft motor skills as much as 92,20%.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode proyek dan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Ulum Gadingrejo. Metode penelitian bersifat korelasional. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode proyek terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun sebesar 92,20%.

Kata Kunci : anak usia dini, motorik halus, metode proyek



Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bahri, S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Disertai Media Flipcharts dan Media Video Ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Keingintahuan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Tersedia di http://digilib.uns.ac.id/index. Diakses 16 Desember 2017.

Laily, A. H. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putra Harapan Jombang. Tersedia di https://dokumen.tips/documents/meningkatkan-kemampuan-motorik-halus-melalui-kegiatan-menggunting-dengan-metode.html Diakses pada 2 Februari 2016.

Rachmawati. N. 2014. Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di PAUD Anggrek Desa Tanjung Beringin Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. Tersedia di http://repository.unib.ac.id/eprint/8536. Diakses tanggal 2 Februari 2016.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Rachmawati, Y. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Saptarini, I. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Project Based Learning pada Anak Kelmpok B TK Siwi Peni XI Laweyan Tahun Ajaran 2015/2016. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia di https://eprints.uns.ac.id/28878/1/K8112038. Diakses 16 Desember 2017.

Wiyani, N. A. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yamin, M.& Jamilah, S.S. 2013. Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Yuniarti, S. 2014. Pengaruh Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Pertiwi II Jambeyan, Karang anom, Klaten. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/28444/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. Diakses tanggal 2 februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats