Hubungan Kedisplinan dan Kecerdasan Motorik Terhadap Keterampilan Bermain Futsal Ekstrakurikuler Futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan

Chikal Nikmah Putri, Marta Dinata, Joan Siswoyo, Candra Kurniawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dan kecerdasan motorik terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMA Al-Huda Lampung Selatan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data kedisiplinan yaitu angket, untuk kecerdasan motorik menggunakan tes kemampuan motorik dan untuk keterampilan bermain futsal menggunakan tes keterampilan futsal. Hipotesis penelitian yaitu: Ha 1 ada hubungan antara kedisiplinan terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan, Ha 2 ada hubungan antara kecerdasan motorik terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan, dan Ha 3 ada hubungan antara kedisiplinan dan kecerdasan motorik terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan, dengan nilai r hitung = 0,689 > r tabel = 0,468. 2) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdesan terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan, dengan nilai r hitung = 0,848 > r tabel = 0,468. Dan 3) Ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dan kecerdasan motorik terhadap keterampilan bermain futsal SMA Al-Huda Lampung Selatan, dengan nilai r hitung = 0,852 > r tabel = 0,468.

 

Kata Kunci: kedisiplinan, kecerdasan motorik, futsal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmara, Mirza. 2023. Pengembangan Instrumen Tes Rangkaian Keterampilan Teknik Bermain Futsal Pemain Profesional. TESIS. UNY, Yogyakarta.

Bangkit, Gala, Persada., & Kriswantoro. (2019). Hubungan Motor Ability Dengan Keterampilan Teknik Dasar Bermain Futsal Pada Klub Atlas Muda Futsal Semarang Tahun 2019. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 4(2), 132-141.

Daharis, Gazali, N., Perdima, F. E., Abdullah, K. H., & Rahmada, A. (2023). A scientometric review of global research on technology in physical education. Journal Sport Area, 8(1), 1–13.

Daryanto, Z, P. (2013). Pengembangan Model Latihan Strategi Serangan dalam Permainan Futsal. Pendidikan Olahraga, 2(1): 224–233.

Gómez, M. & Moral, J. (2015). Multivariate Analysis of Ball Possessions Effectiveness in Elite Futsal. Journal of Sport Sciences, 04(14): 1–9.

Ibid, A. (2023). Pengertian kedisiplinan dan kepemimpinan. Journal Information, 26(6), 519–520.

Johnson. (2017). The Role of Extracurricular Activities in Youth Development: A Meta-Analysis. Journal of Youth Studies, 22(4), 430–445.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Kemendikdasmen, Jakarta.

Pipin, Sapinah., & Yudy, Hendrayana. (2015). Korelasi Keterampilan Bermain Futsal Dengan Kemampuan Motorik Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 7(2), 1-10.

Sriwahyuningsih. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Peserta Didik di MI Laikang Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 40-47.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo