PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN BOLA MODIFIKASI DAN BOLA KONVENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG

Ricky Ahmad Kurniawan, Marta Dinata, Herman Tarigan

Sari


The purpose of this study was to determine the effect of modification and conventional ball training on dribbling skills in football games. The method used is experiment. A sample of 20 students. Data analysis using t test. The results showed the effect of modification ball exercises with the value of t count = 2.67> t table = 2.101, then the effect of conventional ball exercises with the value of t count = 3.33> t table = 2.101, and there was no significant difference between the effects of ball training modification and conventional spheres with calculated value = 0.562 <t table = 2.101. It can be concluded that training using ball modification and conventional ball has an influence on dribbling skills.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh latihan bola modifikasi dan bola konvensional terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola. Metode yang digunakan adalah eksperiment. Sampel sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan pengaruh latihan bola modifikasi dengan nilai t hitung =  2.67 >t tabel = 2.101, kemudian pengaruh latihan bola konvensional dengan nilai t hitung = 3.33 >t tabel = 2.101, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh latihan bola modifikasi dan bola konvensional dengan nilai t hitung = 0.562 < t tabel = 2.101. Dapat disimpulkan bahwa latihan menggunakan bola modifikasi dan bola konvensional memberikan pengaruh terhadap keterampilan menggiring bola.

Kata Kunci : Bola Modifikasi, Bola Konvensional, dan Menggiring Bola.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Dinata, M. 2005. Lari Jarak Jauh. Jakarta (ID): Cerdas Jaya.

Dinata, M. 2007. Dasar-Dasar Mengajar SepakBola. Bandar Lampung: Cerdas Jaya.

Mielke, D. 2007. Dasar- Dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Karya Pustaka.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nurhasan. 2007. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta:

Debdikbud.

Sucipto, dkk. 2000. Sepakbola. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukadiyanto. 2005. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNY.

Tarigan, H. 2019. Belajar Gerak & Aktivitas Ritmik Anak-Anak. Lampung. Hamim Group.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 3 tentang system keolahragaan. 2005. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo