Perbedaan Kemampuan Memahami Pepaccur melalui Diskusi Kelompok dan Tugas Individu.

Herman Herman, Farida Ariyani, A. Effendi Sanusi

Abstract


The purposes of this research were to describe the difference of the ability to understand pepaccur in their learning to use group discussion and giving individual task (recitation) of grade VIII students of SMPN 3 Terbanggi Besar, Central Lampung. The method used was experiment. The research population was all of students of grade VIII SMPN 3 Terbanggi Besar, Central Lampung Odd semester in the year of 2016/2017. The data were collected through written test in the from of multiple choice type A. The result of research showed the ability of students to understand pepaccur who are learned through group discussions was 92,48 higher than through individual task giving (recitation) was 82,42.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan memahami pepaccur yang dalam pembelajarannya menggunakan diskusi kelompok dan pemberian tugas individu siswa kelas VIII SMPN 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah semester ganjil tahun akademik 2016/2017. Data diperoleh menggunakan tes tertulis bentuk pilihan berganda tipe- A (melengkapi pilihan). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan memahami pepaccur siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan diskusi kelompok lebih tinggi 92,48 daripada kemampuan memahami pepaccur siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pemberian tugas individu 82,42.

Kata kunci: Memahami Pepaccur, pembelajaran diskusi kelompok, tugas individu.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung.

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung sebagai Muatan Lokal Wajib pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Roestiyah, N.K. dan Yumiati Suharto. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanusi, A. Effendi. 2003. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Gunung Pesagi.

Sanusi, A. Effendi. 2014. Sastra Lisan Lampung. Bandar Lampung: Buku Ajar FKIP Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.