PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning model to increase student’s flexibility thinking skills on chemical equilibrium subject matter. The population of this research was students in grade XI science class of MAN 1 Metro whose sit in odd semester of academic year 2013-2014. The samples were taken by purposive sampling technique and these were XI2 and XI3 of science class. The method of the research was quasi experimental with Non Equivalent Control Group Design. The effectiveness of discovery learning model was showed by the significant difference of n-gain between control and experiment class. The result showed that the average n-gain of student’s flexibility thinking skills of control class was 0,21 and 0,33 for experiment class. Proving the hypothesis showed that discovery learning model was effective to increase student’s flexibility thinking skills on chemical equilibrium subject matter.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Negeri 1 Metro semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA2 dan XI IPA3. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learningditunjukkan berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir luwes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,21 dan 0,33. Pengujian hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes pada materi kesetimbangan kimia.
Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir luwes, model discovery learning
Full Text:
PDFReferences
Ali, M dan Asrori, M. 2004. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bell, G.M.E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Filasaime, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hasan, I dan Misbahuddin. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategies. Australia: Social Science Press.
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munandar, S. C. U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mutoharoh, S. 2011. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. (Skripsi). Jakarta: UIN.
Oakley, L. 2004. Cognitive Development. London: Routledge.
Richardson, V. (Ed.). 1997. Constructivist Teacher Education: Building A World of New Understandings. London: Falmer.
Rohim, F., Susanto, H. dan Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. (Jurnal). Semarang: UNES.
Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Intima.
Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.