PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Sri Gustiani, Noor Fadiawati, Ila Rosilawati

Abstract


This research aimed to develop an animation media based on chemical representation about buffers solution; identify the characteristics of animation media developed; identify the responses of teachers and students towards the animation media which was developed; and identify the obstacles faced in developing an animation media. This research used Research and Development method. The results showed that teacher response of the developed animation media in the contents suitability aspect were 80,00%  with high criteria and in the readable and the attraction aspect were 83,84% with very high criteria. The results showed that students response of the developed animation media in the contents suitability aspect were 79,72%  with high criteria and in the readable aspect were 80,31% with very high criteria and the attraction aspect were 80,00% with very high criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbasis representasi kimia tentang larutan penyangga; mengidentifikasi karakteristik media animasi yang dikembangkan; mengidentifikasi tanggapan guru dan siswa terhadap media animasi yang dikembangkan; dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam mengembangkan animasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap media animasi yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi adalah 80,00%  dengan kriteria tinggi dan pada aspek keterbacaan dan kemenarikan desain sebesar 83,84% dengan kriteria sangat tinggi. Menurut tanggapan siswa pada aspek kesesuaian isi adalah 79,72% dengan kriteria tinggi, aspek keterbacaan sebesar 80,31% dengan kriteria sangat tinggi dan aspek kemenarikan sebesar 80,00 dengan kriteria sangat tinggi.

Kata kunci: larutan penyangga, media animasi, representasi kimia


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Depdiknas. Jakarta.

Chittleborough, G. D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing students’ Metal Models of Chemical Phenomena. Curtin University of Technology.

Djamarah,S.B., Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka cipta. Jakarta.

Ernawati. 2011. Pengembangan Representasi Kimia Sekolah Berbasis Intertekstual Pada Sub-Konsep Konfigurasi Elektron Atom Bohr dalam Bentuk Multimedia. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. p.125-135. from Design Approches and Tools in Education and Training. Van den Akker, jan.et.al. Dordrecht, the Neterlands: Kluwer Academic Publisher

Pramono, A. 2004. Panduan Aplikasi Menguasai Macromedia Flash MX. Yogyakarta.

Rodiah, S. 2013. Pengembangan Media Animasi Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam-Basa Arrhenius. Jurnal. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Pustaka Indah Madani. Yogyakarta.

Susanto. 2013. Pengembangan Media Animasi Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Faktor-Faktor Penentu Laju Reaksi. Jurnal. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Wahono, RS. 2006. Teknologi Informasi untuk Perpustakaan: Perpustakaan Digital dan Sistem Otomasi Perpustakaan. http://www.scribd.com/doc/3020850/perpustakaan-digital-dan-sistem-otomasi-perpustakaan: diakses pada 24-07-2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.