PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA PEMBELAJARAN PARTIKEL MATERI

Donny Pramanaladi, Noor Fadiawati, Ila Rosilawati

Abstract


This research aimed to develop an animation media of particles matter based on chemistry representation for student in junior high school; describe the characteristics of developed animation media; describe the teachers’ feedback and students response to an animation media of particles matter based on chemistry representation; and knowing the obstacles encountered when developing an animation media of particles matter based on chemistry representation.  This research use the Research and Development method.  The results showed that teachers’ responses of the developed animation media in the content’s suitability aspect were 93% and in the readable aspect were 94%.  All of the teachers’ responses were very hight category.  The result showed that students’ responses of the developed animation media in the content’s readable aspect were 91,69% and in the attraction aspect were 86,70%.  All of students’ responses were very high category.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi partikel materi berbasis representasi kimia untuk siswa pada tingkat Sekolah Menengah Pertama; mendeskripsikan karekteristik media animasi yang dikembangkan; mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap media animasi partikel materi berbasis representasi kimia; dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi ketika mengembangkan media animasi partikel materi berbasis representasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan guru terhadap media animasi yang dikembangkan pada aspek kesesuaian isi adalah 93% dan keterbacaaan sebesar 94%, semua termasuk kriteria sangat tinggi. Menurut tanggapan siswa pada aspek keterbacaan adalah 91,69% dan kemenarikan sebesar 86,70%, semua termasuk kriteria sangat tinggi.

Kata kunci: media animasi, partikel materi, representasi kimia


Full Text:

PDF

References


Chitteleborough, G. And Treagust A. F. 2004. The Modelling Ability of Non-Major Chemistry Students and Their Understandung of Sub-Micsoscopic Level. Chem. Edu. Res. Pract. ,8, 274-292.

Darsono. 2006. Pengaruh Media Gambar dalam Pembelajaran IPA di SD Al-Qur’an Metro. Proseding Seminar Hasil Penelitian Bidang Kependidikan BKS-PTN Wilayah Barat di Bandar Lampung. FKIP Unila. Bandar Lampung.

Fataqh, M. I. A. 2010. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Asam-Basa Terintegrasi Nilai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Ibrahim, M, dan Muhamad, N. 2005. Pembelajaran berdasarkan masalah. Unesa University Press. Jakarta.

Rahani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Santoso, T dan Sukarmin. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Blog Kimia Berbasis Mobile Education. UNESA Journal of Chemical Education Vol II No. 1. Januari 2013.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D”. Bandung. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.