PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA MODEL LC 6 PHASE DENGAN LC 3 PHASE

Yani Efrina, Tasviri Efkar, Lisa Tania

Abstract


The purpose of research was to find out the mastering comparison of thermochemical concept between learning cycle 6 phase model and learning cycle 3 phase model at MAN Krui Kabupaten Pesisir Barat.  The population in this research is all of XI grade science students in academic year 2012/2013.  Samples  was taken by using purvosive sampling technique.  We got class XI IPA1 as a class experiment 1 and XI IPA2 as a class experiment  2.  This research used non-equivalent pretest posttest control group design.  The result of this research showed that there is a difference in score average of mastering thermochemical concept between learning cycle 6 phase model and learning cycle 3 phase model.  The average of thermochemical concept mastering by implementing learning cycle 6 phase model is higher than learning cycle 3 phase model, because learning cycle 6 phase model has more detail steps to improve the thermochemical concept mastering.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan penguasaan konsep termokimia antara model learning cycle 6 phase dengan learning cycle 3 phase pada siswa MAN Krui Kabupaten Pesisir Barat.  Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2012/2013.  Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling.  Diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA2 sebgai kelas eksperimen II.  Penelitian menggunakan rancangan non-equivalent pretest posttest control group design.  Hasil dari penelitian terdapat perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep termokimia antara model learning cycle 6 phase dengan learning cycle 3 phase dan rata-rata penguasaan konsep termokimia dengan model learning cycle 6 phase lebih tinggi dibandingkan model learning cycle 3 phase.  Hal ini karena model learning cycle 6 phase memiliki tahap-tahap lebih terperinci dalam meningkatkan penguasaan konsep termokimia.     

Kata kunci :   model learning cycle 3 phase, model learning cycle 6 phase, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Ayuwulanda, A. 2011. Perbandingan Penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dan hasil kali kelarutan antara inkuiri Terbimbing dengan Pembelajaran Learning Cycle 6 Phase. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Fajaroh, F. dan I. W. Dasna. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). UM PRESS Malang.

Fitri, U.N. 2011. Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle 3E untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Penguasaan Konsep pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hake, R.R. 2002. Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics With Gender, High School Physics, And Pretest Scores On Mathematics And Spatial Visualization. Tanggal Akses: 03 Februari 2013 dari http: //www.physics.indiana.edu/

Hirawan. 2009. Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Tanggal Akses: 25 Agustus 2012 dari http://16315603-model-siklus-belajar.pdf.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.