EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID
Abstract
This research aims to describe the effectiveness of Learning Cycle 6E model to improve inferring skill and koloid concept mastery. This reseach uses Quasi Experimental Method and Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was students of XI science SMA YP Unila Bandar Lampung, with XI science 2 class and XI science 4 as samples. The effectiveness of Learning Cycle 6E model was measured based on the difference of a significant N-gain and t test. The results showed that average value of N-gain of concept mastery in experiment and control class were 0.73 and 0.58 respectively; and average value of N-gain for inferring skill in experiment and control class were 0.75 and 0.56 respectively. Based on t test, it was concluded that learning cycle 6E model could increase inferring skill and koloid concept mastery.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung, dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen yaitu 0,73 dan kelas kontrol yaitu 0,58; serta rata-rata N-gain keterampilan inferensi untuk kelas eksperimen yaitu 0,75 dan kelas kontrol yaitu 0,56. Berdasarkan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E dapat meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep koloid.
Kata kunci : keterampilan inferensi, learning cycle 6E, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi. Sage Publications.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Hikmahwati. 2010. Pengembangan LKS Kimia Model Learning Cycle 6E Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Kelas Xi Ipa Sma Negeri 3 Bandar Lampung). Skripsi. FKIP Universitas Lampung.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.