PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 6E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA YP Unila Bandar Lampung kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang memiliki kesamaan karakteristik. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,65 dan 0,49; serta rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,69 dan 0,59. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan.
Kata kunci: keterampilan mengelompokkan, learning cycle 6E, mengkomunikasikan
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Fajaroh, Fauziatul dan Dasna, I Wayan. 2008. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Diakses 15 Maret 2013
Hikmahwati, N. 2010. Pengembangan LKS Kimia Model Learning Cycle 6E Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Kelas XI IPA SMA Negri 3 Bandar Lampung). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Scheuermann, Amy dan Duran, L.B. 25 Juni 2009. A 6-E Learning Cycle Science for All. Diakses 13 Maret 2013
Siregar, A. 2012. Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembeljaran Learning Cycle 6E terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.