The Effect Of Problem-Based Learning With Animation Assisted Video On Improving Students' Learning Outcomes in Acid-Base Solution Material
Abstract
Abstract: The Effect Of Problem Based Learning With The Assistance Of Video Animation On Increasing Students' Learning Outcomes In Acid Base Solution Materials. This study aims to determine significant differences in the learning outcomes of students who are taught using the Problem Based Learning learning model with video-assisted direct learning models on acid solution material base. The subjects of this study were students of class XI IPA 1 and students of class XI IPA 2 at SMA Negeri 7 Medan. The object of this research is Video Animation Media which will be validated by 1 media expert validator. The steps in this study were 1) Research and initial data collection, 2) Observation at SMA Negeri 7 Medan, 3) Research Planning, 4) Test the Validity of the Test on Class XII IPA 5 students at SMA Negeri 7 Medan, 5) Test Initial ability of students in class XI IPA 1 and students in class XI IPA 2 at SMA Negeri 7 Medan, 6) Starting research according to the Learning Plan based on the Problem Based Learning Learning Model assisted by animated video media in the experimental class and research according to the Learning Plan based on the Media-assisted Direct Learning Model Animated video for the control class at SMA Negeri 7 Medan. The research method used is a quantitative method in the form of Quasy Experiment Design. The results showed t count > t table (4.530242 > 1.670649) meaning that there was a significant difference in the average learning outcomes of students between the experimental and control groups after the treatment. The conclusion in this study is that there is a difference in the increase in student learning outcomes when using the Problem Based Learning model assisted by animated video media which is better than the direct learning model assisted by animated video media.
Keywords: Problem Based Learning Model, Video Animation, Learning Outcomes
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Larutan Asam Basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran langsung berbantuan video animasi pada materi larutan asam basa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Medan. Objek pada penelitian ini adalah Media Video Animasi yang akan di validasi oleh 1 Validator ahli media. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah 1) Penelitian dan pengumpulan data awal, 2) Observasi di sekolah SMA Negeri 7 Medan, 3) Perencaan Penelitian, 4) Uji Validitas Tes terhadap peserta didik kelas XII IPA 5 di SMA Negeri 7 Medan, 5) Uji Kemampuan awal peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 7 Medan, 6) Memulai penelitian sesuai Rencana Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video animasi pada kelas eksperimen dan penelitian sesuai Rencana Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Langsung berbantuan media video animasi pada kelas kontrol di SMA Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experiment Design (Eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel (4,530242 > 1,670649) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen dan kontrol sesudah terjadinya perlakuan. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan media video animasi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 37-41.
Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1).
Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan blended project based learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437-2446.
Damayanti, M., & Jirana, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung. Saintifik, 4(1), 47-53.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Gue Pedia : Jawa Barat
Fauzan, M., dkk. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1) : 27-35.
Fitri, N., dkk. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1): 59 - 67
Ghozali. 2020. Mengatasi Belajar Bahasa Arab. Universitas KH. A Wahab Hasbullah: Jombang
Gultom, E. R., & Muchtar, Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran E-Learning Materi Kesetimbangan Kimia. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 327-334.
Julia, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital Untuk Sekolah Dasar. CV Caraka Khatulistiwa : Jawa Barat.
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425-432
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826.
Mewengkang, A., Rampe, M. J., & Palilingan, S. C. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(1), 29-33
Misidawati, D. N., & Sundari, P. (2021). Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 922-928.
Mukhid. 2021. Metodologi penelitian pendekatan kuantitatif. CV Jakad Media Publishing: Surabaya
Muliaman, A., & Mellyzar, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 9(2), 91-95.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Novira, P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Pembelajaran dengan Media Video Animasi Menggunakan Model PBL (Doctoral dissertation, UNIMED).
Nurrita, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Ilmu Alquran, 3(1): 171- 187.
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169-176.
Purba, J., & Fitri, R. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Proyek dengan Multimedia pada Materi Alkena di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 3(1), 56-65.
Pusparini, S, T., dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1) : 35-42.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1) : 144 - 159.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1) : 114 - 121.
Rostika, D. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 240-251.
Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Fau, Y. T. V., Bago, A. S., ... & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045-2052.
Siregar, W. D., & Simatupang, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 2(2), 91-96.
Suami, D, A, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(3) : 206-214.
Suci, F. R., & Nasruddin, H. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 1 Gedeg Mojokerto. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3).
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136
Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 21-28.
Wigarasari, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Kimia Reaksi Redoks Kelas X Mipa Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2) : 117-122.
Yanti, H, A. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2) : 118- 129.
Refbacks
- There are currently no refbacks.