PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAAN SEDERHANA DAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing yang efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penguasaan konsep pada materi koloid.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Seputih Mataram kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 semester genap Tahun ajaran2012-2013.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non EquivalentControl Group Design.Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan memberikan penjelasaan sederhana untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 0,35 dan 0,60 dan reratan-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 0,54 dan 0,63. Berdasarkan uji hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep.
Kata kunci : memberikan penjelasaan sederhana, model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Achmad, A. 2007. Memahami Berpikir Kritis. Makalah. [online] http://researchengines.com/1007arief3.html
Andriani. Y.2012. Model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dalam kategori sedang pada materikoloid. Skripsi. UNILABandar Lampung
Efendi, A.K. 2012. . Model pembelajaran inkuiri terbimbingpada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkontruksi argumen dan memberikan alasan pada materi hidrolisis garam. Skripsi. UNILABandar Lampung
Ennis. R. H. 1989. Critical Thingking. Prentice Hall, Inc. New Jersey.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Riyanto.A.C. 2011. Model pembelajaran kuantum efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran materi koloid. Skripsi. UNILABandar Lampung
Refbacks
- There are currently no refbacks.