PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAAN SEDERHANA DAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN INKUIRI TERBIMBING

Deny Nico Vrasley, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


The objective of this research was to describe the effectiveness of guided inquiry learning model which was effective in increasing of provide a simple explanation skill and mastery of concepts in the subject of colloidal systems. The samples of this research were the student of SMAN 1 Seputih Mataram class XI IPA 1 and XI IPA 3 at even semester year of 2012-2013. This research used quasi experiment method by Non Equivalent Control Group Design. The result of this research showed the average of provide a simple explanation skill n-Gain for control class and experimental class were 0,35 and 0,60 and the average of mastery concepts n-Gain for control class and experimental class were 0,54 and 0,63. Based on hypothesis testing, concluded that guided inquiry learning model was effective in increasing the provide a simple explanation skill and mastery of concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing yang efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penguasaan konsep pada materi koloid.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Seputih Mataram kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 semester genap Tahun ajaran2012-2013.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non EquivalentControl Group Design.Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan memberikan penjelasaan sederhana untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 0,35 dan 0,60 dan reratan-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 0,54 dan 0,63. Berdasarkan uji hipotesis, disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasaan sederhana dan penguasaan konsep.

Kata kunci       : memberikan penjelasaan sederhana, model pembelajaran inkuiri terbimbing,  penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Achmad, A. 2007. Memahami Berpikir Kritis. Makalah. [online] http://researchengines.com/1007arief3.html

Andriani. Y.2012. Model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dalam kategori sedang pada materikoloid. Skripsi. UNILABandar Lampung

Efendi, A.K. 2012. . Model pembelajaran inkuiri terbimbingpada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkontruksi argumen dan memberikan alasan pada materi hidrolisis garam. Skripsi. UNILABandar Lampung

Ennis. R. H. 1989. Critical Thingking. Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Riyanto.A.C. 2011. Model pembelajaran kuantum efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran materi koloid. Skripsi. UNILABandar Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.