PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING

Olan Ascorepta, Emmawaty Sofya, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The objective of this research was to describe the effectiveness of  model of problem solving which was effective in increasing of classifying and communicate skill in the subject of non electrolyte and electrolyte. The samples of this research were the students of SMAN 1 Talang Padang class X2 and X3 at even semester year of 2012-2013. This research used quasi experiment method by Non Equivalent (Pretest and Posttest) control group design. The result of this research showed the average of classifying skill n-Gain for control class and experimental class were 0,27 and 0,62 and the average of communicate skill n-Gain for control class and experimental class were 0,28 and 0,74. Based on hypothesis testing, it was known that the class which used model of problem solving had higher classifying and communicate skill than the class which used conventional learning. It showed that model of problem solvingwas effective in increasing the classifying and concluding skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Talang Padang kelas X2 dan X3 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,27 dan 0,62  dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,28 dan 0,74. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan model problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan.

Kata kunci:   keterampilan, mengelompokkan, mengkomunikasikan, model, problem solving



Full Text:

PDF

References


Arends. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Choiriawati, F.D. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi asam-Basa Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengkomunikasi¬¬kan. Skripsi.UNILA. Bandar Lampung

Nur, M dan ibrahim. 2005. Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. SIC. Surabaya.

Purwani, Endah dan Martini. 2009. Implementasi Hasil-Hasil Penelitian untuk Peningkatan Profesionalisme di Bidang Kimia dan Pendidikan Kimia (Prosiding). Unesa University Press. Surabaya.

Tim Penyusun. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menegah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.