PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI

Nomi Suryani, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the skills of classifying and inferring on colloidal material with application of guided inquiry learning model for high, medium, and low cognitive groups students. The subjects were XI Science 2 of Swadhipa Natar South Lampung 2012/2013. This research was pre-experimental research design with one-shot case study. It used descriptive analysis. Based on the analysis, it can be concluded that the student’s skill in classifying, in high group, 62,5% was excellent; and 37,5% good. In medium group, 20,0% was excellent; 60,0% good; and 20,0% enough. In the low group, 22,2% was good; and 77,7% was enough. For the student’s skill of inferring, in high group, 75,0% was excellent; and 25,0% good. In medium group, 26,6% excellent; 40% good; and 33,3% enough. In the low group, 33,3% good; and 66,6% enough.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi koloid dengan model pembelajaran inkuri terbimbing untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA2 SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data dapat disimpulkan keterampilan siswa mengelompokkan, kelompok tinggi 62,5% siswa berkriteria sangat baik; dan 37,5% baik. Kelompok sedang ada 20,0% berkriteria sangat baik; 60,0% baik; dan 20,0% cukup. Kelompok rendah 22,2% berkriteria baik; dan 77,7% cukup. Keterampilan siswa inferensi, kelompok tinggi 75% siswa berkriteria sangat baik; dan 25,0% baik. Kelompok sedang 26,6% berkriteria sangat baik; 40,0% baik; dan 33,3% cukup. Kelompok rendah ada 33,3% berkriteria baik; dan 66,6 % cukup.

Kata kunci: inferensi, inkuiri terbimbing, mengelompokkan


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Kimia. Airlangga University Press. Surabaya.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers : Jakarta

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. London: Allymand Bacon.

Winarni, E.W. 2006. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. FKIP Press. Bengkulu.

Zulaiha, S. 2012.Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Pokok Asam Basa Dalam Meningkatkan Ketrampilan Mengelompokkan dan Inferensi . (skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.