PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAN

Nia Handayani, Ila Rosilawati, Emmawaty Sofya

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of POE learning model on non-electrolyte and electrolyte material in improving predicting skills and  students concepts mastery. Subjects of this study was class X1 SMA Negeri 1 Negerikaton. This research uses a pre-experimental method with One Group Pretest Posstest Design. Research data was  predicting skills and students concepts mastery. Data analysis was using the percentage of mastery learning (KKM ) and n-Gain. The results showed that persentage of mastery learning predict skills who achieved by 97,75% and n-Gain predict skills 0.70 (medium of category). And than who achieved  KKM 87,50% and n-Gain students concepts mastery 0.60 (medium of category).  The conclusion of this research showed that the POE learning model of non-electrolyte and electrolyte solution material is effective in improving the predict skills and students concepts mastery for class X1 SMA Negeri 1 Negerikaton.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit dalam meningkatkan ke-terampilan memprediksi dan penguasaan konsep siswa.  Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Negerikaton.  Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental dengan One-group pretest-poss-test Design.  Data pe­neliti­an adalah keterampilan memprediksi dan penguasaan konsep siswa.  Analisis data menggunakan persentase ketuntasan belajar (KKM) dan n-Gain.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar keterampilan memprediksi  mencapai KKM yaitu 97,75% dan n-Gain sebesar 0,70 (kategori sedang).  Sedangkan penguasaan konsep siswa yang men­capai KKM yaitu 87,50% dan n-Gain sebesar  0,60 (kategori sedang).  Kesimpulan penelitian ini menunjuk­kan bahwa pembelajaran dengan model POE pada materi larutan non-lektrolit dan elektrolit efektif dalam me­ningkat­kan keterampilan memprediksi dan penguaasaan konsep siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Negerikaton. 

Kata kunci:   keterampilan  memprediksi, larutan non-elektrolit dan elektrolit,  model POE, penguasaan konsep siswa.


Full Text:

PDF

References


Apriliantika, P. 2012. Efektivitas Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan (Skripsi).FKIP Unila. Bandar Lampung.

Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.Jakarta.

Nurhayati, H. 2011. Penerapan Stra-tegi Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explan) Untuk Mening-katkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Konsep Difusi Dan Osmosis Di Kelas VIII. Skripsi. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Nurjanah, A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Mening-katkan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Semiawan, C, dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. PT. Grasindo. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suparno, P. 2007. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.