PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT

Lista Misria, Tasviri Efkar, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


Research purposes to determine how differences in the average value concept mastery of chemical bonds between the students who were given STAD cooperative learning (Student Team Achevment devision) with a given type of cooperative learning NHT (Numbered Head Together). The sample in this study were students of class X Gajah Mada Bandar Lampung High School Academic Year 2012-2013. This research method and Quasi-Experimental design The Matching-Only Group Posttest-Only Design. The results obtained by the average value concept mastery of chemical bonds are given STAD cooperative learning is higher than that applied classroom cooperative learning model NHT. This shows the application of cooperative learning model STAD better in improving the mastery of the concept of chemical bonding.

Tujuan penelitian menentukan bagaimana perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep ikatan kimia antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achevment Devision)  dengan yang diberi pembelajaran kooperatif tipe NHT  (Numbered Head Together).  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XSMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013.  Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen dan desain  The Matching-Only Posttest-Only Group Desain.  Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai penguasaan konsep ikatan kimia yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini menunjukkan  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dalam meningkatkan penguasaan konsep ikatan kimia.

Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran kooperatif tipe NHT, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Ibrahim, M, dkk. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Rajawali Pers. Jakarta.

Lie, A. 2007. Cooperatif Learning(Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas). Gramedia, Jakarta

Rusman. 2011. Modul Pendekatan dan Model Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sudjana, N. 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.