PENINGKATAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E

Laurence Mart Sihaloho, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This study aims to obtain an effective instructional model increase interest  and concept’s mastery of XI science in acid-base. The population are the class of XI Science SMA Perintis 2 Bandar Lampung with XI IPA 2 as experiment class and XI 3 as control. This research method is a quasi-experimental pretest posttest control group design. The research’s results showed the average value of the index gain interest in the control and experimental classes respectively 0,65 and 0,75; and the mean index gain mastery of concepts for the control and experimental classes respectively 0,35 and 0,49. Based on hypothesis testing, it was concluded that learning through the class with LC 5E has an interest and mastery of concepts that is higher than learning conventional class. This suggests that the learning material through  LC 5E  is more effective in increasing students' interest and mastery of concepts.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang afektif dalam meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep asam-basa. Populasi dalam penelitian ini adalah selurush siswa kelas XI IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 kelas control. Metode penelitan ni adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata indeks gain motivasi untuk kelas control dan eksperimen masing-masing 0,65 dan 0,75; dan rerata indeks gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing  0,35 dan 0,49. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran kon-vensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan LC 5E lebih efektif dalam me-ningkatkan motivasi dan penguasaaan konsep siswa.

Kata kunci: learning cycle 5E, motivasi, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta .

Fajaroh, F. Dan I W. Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Lisnawati, C. 2011. Pengaruh Model ARCS Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. (Tesis). UPI Bandung. [Online]. Tersedia di http://repository.upi.edu/operator/upload/t_ips_0907866.Tanggal Akses : 21 November 2012.

Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. 2002. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.