PENINGKATAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang afektif dalam meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep asam-basa. Populasi dalam penelitian ini adalah selurush siswa kelas XI IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 kelas control. Metode penelitan ni adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata indeks gain motivasi untuk kelas control dan eksperimen masing-masing 0,65 dan 0,75; dan rerata indeks gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,35 dan 0,49. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran kon-vensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan LC 5E lebih efektif dalam me-ningkatkan motivasi dan penguasaaan konsep siswa.
Kata kunci: learning cycle 5E, motivasi, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta Jakarta .
Fajaroh, F. Dan I W. Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.
Lisnawati, C. 2011. Pengaruh Model ARCS Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. (Tesis). UPI Bandung. [Online]. Tersedia di http://repository.upi.edu/operator/upload/t_ips_0907866.Tanggal Akses : 21 November 2012.
Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. 2002. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.