Modifikasi Permainan Bola Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Melempar Bola Siswa Kelas V SDN Tandes Kidul Kecamatan Tandes Kota Surabaya

Exi Prillani Sanggarwati, Made Pramono, Gigih Siantoro

Abstract


Latar belakang masalah dari penelitian tindakan sekolah ini adalah dari hasil pengamatan terhadap kemampuan siswa kelas V SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya, menunjukkan kemampuan teknik dasar permainan bola tangan masih rendah. Hal ini karena sarana prasarana sekolah kurang memadai, peralatan pendukung permainan bola tangan terbatas, dan permainan bola tangan belum pernah diberikan kepada siswa. Keadaan ini membuat kemampuan melempar siswa pada permainan bola tangan rendah. Di sisi lain guru juga belum pernah mengajarkan permainan bola tangan sehingga kemampuan teknik dasar siswa pada permainan bola tangan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan teknik dasar kemampuan melempar bola melalui permainan bola tangan pada siswa kelas V SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018 Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya pada semester I tahun pelajaran 2017-2018 selama dua bulan. Subjek penelitiannya siswa kelas V di SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya sejumlah 27 anak. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah permainan bola tangan modifikasi dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar melempar bola pada permainan bola tangan siswa kelas V SDN Tandes Kidul I No. 110 Surabaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018. Hal ini dapat terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan hasil pada siklus I persentase kemampuan melempar bola sebesar 67% dengan kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 91% dengan kategori baik. Selain itu permainan bola tangan modifikasi membuat siswa menjadi senang, tertarik, dan bekerja sama.


Full Text:

PDF PDF

References


Book:

Anni,Catharina Tri dan Ahmad Rifa’I. (2009). Psikologi Pendidikan.Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Arends, Richard.I. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Zaenal, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : Yrama Widya.

Arifin, Zaenal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asra dan Sumiati. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Bahagia, Yoyo dan A. Suherman. (2000). Prinsip‐Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D‐III.

Bruner. (1999). The Process of Education. United State of America: Harvard University Press.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung :Yrama widya.

Depdiknas. (2007). Standart Isi Tingkat SD/ MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, G.T. (2011). Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, G.T. (2011). Evaluasi Hasil Yang Relevan dengan Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.

Riyana, R.S. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Ruhimat, A.Y. (2018). Teori dan Implimentasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Samsudin. (2008). Pembelajaran Penjas Orkes. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualikatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statitiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

W. Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan ‘Educational Psycology. Jakarta: Salemba Humanika

Article in a Journal:

Koballa, C. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondary Schools Developing Fundamental Knowledge and Skill. United state of America: Pearson Education

Lutan, Rusli. 2001. Asas‐asas Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Sivasaliam Thiagarajan, d. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exeptional Children. Whasinfton DC: National Center for Improvement Educational System.

Slavin, R. E. (2006). Education Psycology: Teory and Practice. Boston: Pearson Education.

Official Document:

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.13 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Mahendra, Agus. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Luar Biasa, Bagian Proyek Pendidikan Kesehatan Jasmani Pendidikan Luar Biasa.

Soemitro. (1992). Permainan Kecil. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Poerwanti, Endang, Dkk. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Thesis or Dissertation:

IGAK Wardhani, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.