Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Asam Basa Siswa
Abstract
This research aims to describe the practicality and effectiveness of problem solving model in improving students' communication skills and mastering the concept of students’ acid-base. The sampling was done by purposive sampling technique, obtained class XI IPA 2 as an experimental class and XI IPA 3 as a control class. This study uses a quasi-experimental method with a pretest-posttest control group design. Practicality is measured based on the implementation of the lesson plan and students’ responses to the implementation of learning. Effectiveness is measured through communication skills and the difference in the average value of n-Gain mastery of students' concepts. The result showed that the problem solving model is practical and effective in improving communication skills and mastering the concept of students' acid-base.
Keywords: problem solving model, communication skills, concept mastery, acid-base
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model problem solving dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep asam basa siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Keefektivan diukur melalui keterampilan komunikasi dan perbedaan rata-rata nilai n-Gain penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem solving praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep asam basa siswa.
Kata Kunci: model problem solving, keterampilan komunikasi, penguasaan konsep, asam basa
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Cahyono, W. 2014. Seminar Pendidikan Highscope Indonesia. http:// www.highscope.or.id/PressReleaseEducationSeminar, diakses pada 25 September 2019.
Cangara, H. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers, Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99-118.
Djamarah, S.B., dan A, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Febriyanti, F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 6(2) : 199-211.
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., & H. H. Hyun. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. The Mc Graw-Hill Companies, New York.
Hake, R. R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics wzzith Gender,High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Tersedia pada http://www.physics.indiana. edu/~hake/PERC2002h-Hake. Pdf. Diakses pada tanggal 29 September 2019.
Hasanah, U. 2015. Penerapan Metode Problem Solving Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Poko Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 47-56.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.
Novratilova, D. 2015. Efektivitas Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan Dan Menyimpulkan Pada Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(3) : 782-794.
OECD. PISA 2015 Results in Focus “What 15-year-olds know and what they can do whit what they know”. 2015. PISA. 27 September 2019 www.oecd.org.
Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. 2015. Penerapan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Kalor untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).
Putri, D.E.N. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Inferensi dan Mengkomunikasikan Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Rosen, Y., & Tager, M. 2013. Evidence-centered concept map as a thinking tool in critical thinking computer-based assessment. In The 39th Annual International Association for Educational Assessment Conference (IAEA), the National Institute for Testing and Evaluation (NITE) (pp. 20-25).
Scout, B. 2004. Keterampilan Berkomunikasi. FIP UNY, Yogyakarta.
Silberberg. 2009. Principal of General Chemistry Second Edition. International Edition. Mc. Graw Hill, New York.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Sunyono, Yuanita, L. & Ibrahim. M. 2012. Analisis Keterlaksaan dan Kemenarikan Model Pembela-jaran SiMaYang dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Topik Stoikiometri. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 2012. 06 Oktober 2012. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Isi Standar Kelulusan PA. Depdiknas, Jakarta.
TIMSS & PIRLS. 2016. International
Results Report. Diakses di timss2015.org timss-2015/ science/student-achievement/ pada tanggal 27 September 2019.
Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. 2015. Penerapan Metode Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA N 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. 6 (2), 108-117.
Zulkarnain, M. I. 2017. Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa Arrhenius. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.