Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa

Tri Rohmah Muharromah, Noor Fadiawati, Andrian Saputra

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of waste cooking oil recycling project-based learning to improve students' communication skills. The method used was quasi-experimental with The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. This study used a purposive sampling technique. The sample was XI MIA 6 as the experiment class and XI MIA 4 as the control class. The data analysis technique was a parametric statistic test using t-test and n-gain calculation. The results show that the posttest average of students’ communication skills in the experiment class was higher than the control class. The average of n-gain category in the experiment class was in the medium category. The conclusion of this study is waste cooking oil recycling project-based learning is effective to improve students' communication skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik menggunakan uji-t dan perhitungan n-gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata postes keterampilan berkomunikasi siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa.

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berkomunikasi, daur ulang minyak jelantah


Full Text:

PDF

References


Adhari, H., Yusnimar, & Utami, S.P. (2016). Pemanfaatan minyak jelantah menjadi biodiesel dengan katalis ZnO presipitan zinc karbonat: Pengaruh waktu reaksi dan jumlah katalis. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Teknik dan Sains, 3(2), 1-7.

Afrozi, A.S., Iswadi, D., Nuraeni, N., & Pratiwi, G.W. (2017). Pembuatan sabun dari limbah minyak jelantah sawit dan ekstrak daun serai dengan metode semi pendidihan. Jurnal Ilmiah Teknik Kimia UNPAM, 1(1), 1-10.

Arends, R. I. (2008). Learning to teach ninth edition. New York: McGraw-Hill.

Damsah, N. A., Sukamto, S., & Syambasril, S. (2018) Kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA islam bawari pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 1-11.

Diawati, C., Liliasari, Setiabudi, & Buchari. (2017). Students’ construction of a simple steam distillation apparatusand developmentof creative thinking skills: A project-based learning. Mathematics, Science, and Computer Science Education, 1848(1), 1-7.

Dimyati & Mudjiono. (2009) . Belajar dan pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Dising J. (2006). Optimasi proses pembuatan biodiesel dari minyak jelantah. Adiwidia, 2(2), 46-53.

Djatmiko, B., & Widjaja, A.P. (1973). Minyak dan lemak. Bogor, Indonesia: Departemen THP IPB.

Fogarty, R. (1997). Problem based leraning and multiple intelligences classroom. Melbourne, Australia: Hawker Brownlow Education.

Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. (2006). How to design and evaluate research in education eighth edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Gashaw, A., & Teshita, A. (2014). Production of biodiesel from waste cooking oil and factors affecting its formation: a review. International Journal Of Renewable And Sustainable Energy, 5(3), 92-98.

Gibson, R. (1997). Rethinking the future. London , England: Nicholas Brealy Publishing.

Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66 (1), 64-74.

Hapsari, D.D., Lisdiana & Sukaesih, S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan modul daur ulang limbah pada literasi sains. Journal of Biology Education, 5(3), 302-309.

Henrika D.A., & Wardatul D. (2013). Teknik permainan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Jurnal Councelium, 1 (1), 32-41.

Herwina & Iswan. (2018). Penguatan pendidikan karakter perspektif islam dalam era millenial IR. 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 24 Maret 2014. Jakarta, Indonesia.

Hidayati, F.C., Masturi, & Yulianti, I. (2016). Pemurnian minyak goreng bekas pakai (jelantah) dengan menggunakan arang bonggol jagung. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(2), 67-70.

Hugerat, M. (2016). How teaching science using project-based learning strategies affects the classroom learning environment. Learning Environments Research, 3(19), 383-395.

Kartika, W. (2016). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan communication skills pada mata kuliah pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(1), 1-7.

Keraf, G. (1989). Komposisi. Jakarta, Indonesia: Nusa Indah.

Lestari, I.D., Leksono, S.M., Hodijah, S.R.N., & Agustina, W. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kecakapan komunikasi siswa pada konsep biodiversitas. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 83-87.

Maidin, N.A, Rahman, M.H.A., Ahmad, M.N., Rahman, S.A.A., Osman, M.H., Wahid, M.K., & Alkahari, M.R. (2017). Initial design of semi auto soap Making device from used cooking oil for home appliances. Journal of Advanced Manufacturing Technology, 12(1), 69-78.

Naomi, P., Gaol, A.M.L., & Toha, M.Y. (2013). Pembuatan sabun lunak dari minyak goreng bekas ditinjau dari kinetika reaksi kimia. Jurnal Teknik Kimia, 19(2), 42-48.

Nurmaliyani, N., Diawati, C., & Setyorini, M. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Erosi Email Gigi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2): 1-15.

Pakiding, L.M., Sumarni, N.K., & Musafira. (2014). Aktivasi arang tempurung kelapa dengan ZnCl2 dan aplikasinya dalam pengolahan minyak jelantah. Online Jurnal of Natural Science, 3(1), 47-54.

Permendikbud. (2014). Tentang Standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta, Indonesia: Permendikbud.

Putri, H.D., & Sutarno. M. (2012). Model kegiatan laboratorium berbasis problem solving pada pembelajaran gelombang dan optik untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Jurnal Exacta, 10(2): 148-155.

Putri, M.D., Yenita, & Nor, M. (2015). Kemampuan berkomunikasi siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek di kelas XI SMA babussalam pekan baru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2), 1-11.

Rais, M., & Lamada, M. S. (2010). Pengembangan model project based-learning (MPBL): Suatu upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa jurusan teknik mesin. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/97977827.pdf.

Raqeeb, A.M., & Bhargavi, R. (2015). Biodiesel production from waste cooking oil. Journal Of Chemical And Pharmaceutical Research, 7(12), 670-681.

Rochmat, A. (2018). Biolubrication synthesis made from used cooking oil and bayah natural zeolite catalyst. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi, 3(21), 113-117.

Rukmini A. (2007). Regenerasi minyak goreng bekas dengan arang sekam menekan kerusakan organ tubuh. Seminar Nasional Teknologi, Universitas AMIKOM 24 November 2007. Yogyakarta, Indonesia.

Salguero, H.S., Leon, A.T., & Marejon, I.F.B. (2018). Use of waste cooking oil in the manufacture of soaps. International Journal of Ecology & Development, 33(1), 1-9.

Santoso, S. (2014). Limbah cair domestik : Permasalahan dan dampaknya terhadap lingkungan. Banyumas , Indonesia: Fakultas Biologi UNSOED.

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik ipa berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas vii. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(8), 461-467.

Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung, Indonesia: Tarsito.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 29-35.

Susianti. (2014). Pengaruh minyak goreng bekas yang dimurnikan dengan mengkudu (morinda citrifolia) terhadap gambaran histopatologi hepar dan jantung tikus. Majalah Kedokteran Andalas, 37(2), 55–60.

Suryanti & Paramitha, G.R. (2018). Project based learning by utilizing used material to improve students' creativity in primary school. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 173, 322-324.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu.

The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional module project based learning. Diakses dari https://www.edutopia.org/project-based-learning

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century skills: learning for life in our times. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Tropecêlo, A.I., Caetano, C.S., Caiado, M., & Castanheiro, J.E. (2016). Biodiesel production from waste cooking oil over sulfonated catalysts. Energy Sources, Part A: Recovery, Utilization, And Environmental Effects, 38(2), 174-182.

Vygotsky, L.S. (1978). Mind in society. Cambridge, England: Harvard University Press.

Widayat. (2007). Studi pengurangan bilangan asam, bilangan peroksida dan absorbansi dalam proses pemurnian minyak goreng bekas dengan zeolit alam aktif. Jurnal Rekayasa Kimia Dan Lingkungan, 1(6), 7–12.

Wirawan, F., & Mubarak, F.A. (2014). Kajian teoritis model productive: Suatu model pembelajaran fisika berbasis proyek yang dikembangkan melalui kegiatan komunikatif. Prosiding Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surakarta, 30 September 2014. Surakarta, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.