PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAN
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajar-an POE pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit dalam meningkatkan ke-terampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X1 SMA Budaya Bandar Lampung yang berjumlah 32 siswa. Peneli-tian ini menggunakan metode Pre-eksperimental dengan One-group pretest-poss-test Design. Data penelitian ini adalah data keterampilan mengkomunikasikan dan keterampilan menyimpulkan. Analisis data menggunakan persentase ketun-tasan belajar (KKM) yang telah ditetapkan dan n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar dan n-Gain keterampilan mengkomunikasikan mencapai KKM yaitu 75% dan n-Gain sebesar 0,68 (kategori sedang). Sedangkan keterampilan menyimpulkan yang mencapai KKM yaitu 81,25% dan n-Gain sebesar 0,69 (katagori sedang). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model POE pada materi larutan non-lektrolit dan elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan siswa kelas X1 SMA Budaya Bandar Lampung.
Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, larutan non-elektrolit dan elektrolit, model POE.
Full Text:
PDFReferences
Indrawati dan Setiawan, W. 2010. Pembelajaran inovatif Kreatif dan Inovatif untuk Siswa Sekolah Dasar. PPPPTK IPA. Jakarta.
Nasution, N, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Universitas Terbuka. Jakarta.
Nurhayati, H. 2012. Penerapan Stra-tegi Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explan) Untuk Mening-katkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Konsep Difusi Dan Osmosis Di Kelas VIII. Skripsi. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Nurjanah, A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Mening-katkan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Semiawan, C, dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. PT. Grasindo. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.
Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed). 5 April 2008. 2 Juli 2011.
Refbacks
- There are currently no refbacks.