PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAN

Maria Mustika Sari, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of POE learning model on non-electrolyte and electrolyte material in improving comunicating skills and  conclude skills. Subjects in this study was of class X1 SMA Budaya Bandar Lampung totaling 32 people. This research uses a pre-experimental method with One Group Pretest Posstest Design. This research data was data of comunicating skills and the skills of data conclude, data analysis using the percentage of mastery learning (KKM ) which has been set and n-Gain. The results showed that persentage of mastery learning and n-Gain who achieved by 75% and n-Gain comunicate skills 0.68 (medium category). And than who achieved  KKM 81.25% and n-Gain conclude skills  0.69 (medium category).  Conclution this research showed that the POE learning model of non-electrolyte and electrolyte solution material is effective in improving the comunicate skills and conclude skills student for class X1SMA Budaya Bandar Lampung.

Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajar-an POE pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit dalam meningkatkan ke-terampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan.  Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X1 SMA Budaya Bandar Lampung yang berjumlah 32 siswa.  Peneli-tian ini menggunakan metode Pre-eksperimental dengan One-group pretest-poss-test Design.  Data pe­neliti­an ini adalah data keterampilan mengkomunikasikan dan keterampilan menyimpulkan.  Analisis data menggunakan persentase ketun-tasan belajar (KKM) yang telah ditetapkan dan n-Gain.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar dan n-Gain keterampilan mengkomunikasikan mencapai KKM yaitu 75% dan n-Gain sebesar 0,68 (kategori sedang).  Sedangkan ke­terampilan menyimpulkan yang men­capai KKM yaitu 81,25% dan n-Gain sebesar  0,69 (katagori sedang).  Kesimpulan penelitian ini menunjuk­kan bahwa pembelajaran dengan model POE pada materi larutan non-lektrolit dan elektrolit efektif dalam me­ningkat­kan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan siswa kelas X1 SMA Budaya Bandar Lampung. 

Kata kunci:  keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, larutan non-elektrolit dan elektrolit, model POE.


Full Text:

PDF

References


Indrawati dan Setiawan, W. 2010. Pembelajaran inovatif Kreatif dan Inovatif untuk Siswa Sekolah Dasar. PPPPTK IPA. Jakarta.

Nasution, N, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Universitas Terbuka. Jakarta.

Nurhayati, H. 2012. Penerapan Stra-tegi Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explan) Untuk Mening-katkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Konsep Difusi Dan Osmosis Di Kelas VIII. Skripsi. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Nurjanah, A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Mening-katkan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Semiawan, C, dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. PT. Grasindo. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.

Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed). 5 April 2008. 2 Juli 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.