Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia

Susana Susana, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of POGIL model to increase critical thinking skills in chemical equilibrium topic. The population is all of the students from XI Science at one of senior high schools in Bandar Lampung academic year 2018/2019. The sample was selected by purposive sampling tehnique which was obtained XI Science 5 as experiment class and XI Science 6 as control class. This research used quasi experiment method with pretestt-posttest control group design. Experimental class used POGIL model and control class used conventional lecture. The result with t-test indicated that score of n-Gain mean difference was significantly different between experimental and control class, supported by the percentage of students’ activity average at the experimental class is higher than control class, and POGIL model was implemented by high criteria. From the result, it can be concluded that the learning with POGIL model is effective to increase critical thinking skills in chemical equilibrium. 

Keyword : Chemical equilibrium, critical thinking skills, effectiveness of POGIL model

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model POGIL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI MIPA disalah satu SMA di Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretestt-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan model POGIL dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, ditunjang dengan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi, serta model POGIL terlaksana dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia.

Kata kunci : Efektivitas model POGIL, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. W., Ristiati, N. P. & Widiyanti. N. L. P. M. 2013. Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,3(1): 1-11.

De Gale,S., L.N. & Boisselle. 2015. The Effect of POGIL on Academic Performance anda Academic Confidence. The University of the West Indies. Science Education International, 26( I): 56.

Ennis, R. H. 1989. Goals for a Critical Thinking Curiculum. Dalam A. L. Costa (Developing Minds). Virginia : Association for supervision and Curiculum Development.

Erza dan Nasrudin H. 2017. Capaian Strategi PDODE untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia XI SMAN 1 Krembung Sidoarjo. UNESA Journal of Chemistry Education, 6(2): 190-195.

Farida, Y. dan Muchlis, 2017. Model POGIL Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa yang Memiliki Kemampuan Awal Berbeda Materi Laju Reaksi Kelas XI SMAN 1 Pacet Mojokerto. UNESA Journal of Chemistry Education, 6(1): 118-124.

Fitriani, W., Irwandi, D., dan Murniati, D. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran POGIL dan GI terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1):76 – 84.

Fraenkel, J.R., Wallen N.E., & Hyun, H.H. 2012. How To Design and EvaluateResearch In Education Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods, A six ThousandStudent Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Coures. American Journal of Physics, 66(1): 67-74.

Hanib, M.T., Suhadi, dan Indriwati, S.E. 2017. Penerapan Pembelajaran POGIL untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas X. UM Journal of Education, 2(1):22-31.

Hanson M.D., 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided Inquiry Learning. New York : Pacific Crest Stony Brook University (SUNY).

Hikmah, A., & Harun, N. 2016. Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Practice Critical Thinking Skill on Chemical Equilibrium Material at SMA Negeri 1 Probolinggo. UNESA Journal of Chemical Education 2016; 5(1): 159-166.

Husnidar, M., Ikhsan, & S. Rizal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1) : 71-82.

Kuhlthau, C.C. 2010. Guided Inquiry: School Libraried in the 21th Century. American Journal of Physics, 16(1): 17 – 28.

Liliasari & Kartimi. 2012. Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk Peserta didik SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 21-26.

Ningsih, S. M., Bambang S, & A. Sopyan. 2012. Implementasi Model POGIL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Unnes Physics Education Journal, 1(2) : 44-52.

Panji, R. Susanti, & T. Widianti. 2013. Pengembangan Suplemen Pembelajaran Berbasis POGIL Pada Materi Sistem Peredaran Darah Tingkat SMP. Unnes Journal of Biology Education, 2(3): 329-335.

Rohmah, Y. N., dan Muchlis. 2013. Application of POGIL Strategy on Soluble Material and Solubility Times to Train Critical Thinking Skills of Students of Class XI SMAN 1 Sooko Mojokerto. UNESA Journal of Chemical Education, 2(3): 19-23.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Refresentasi (Model SiMayang). Bandar Lampung : Aura Printing And Publishing.

Syafaati, D.A dan Nasrudin, H. 2018. Implementasi Model Pembelajaran POGIL untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 18 Surabaya. UNESA Jour-nal, 7(3): 250-256.

Widyaningsih, S. Y., Haryono, & S. Saputro. 2012. Model Mfi dan POGIL ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar. UNS Journal, 1(3): 266-275.

Zamizta, A.A dan Karniawati, I. 2015. Pengaruh POGIL Terhadap KPS dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. UPI Journal, 7(02): 192-2.

Zawadzki, R. 2010. Is POGIL Suitable As A Teaching Method In Thailand’s Higher Education?. Asian Journal Education & Learning, 1(2): 66-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.