PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA
Abstract
This research purpose is describe the experimental method effect in increasing the ability to communicate and thermochemistry concept mastery. This research uses quasi experimental method with pretest-posttest non equivalent control group design. This research population is the students of high school grade XI science in Bandar Lampung. The Sampling used is cluster random sampling method obtained from XI science 1 and 2 as experiment class and control class. The effectiveness of experiment method proved by n-Gain value and supported with effect size test. The result shows that the students’ value after they done learning with experimental method is increasing and also appropriate with calculation showing that experiment class n-Gain value higher than student value in control class. The calculation also shows that effect size test experiment class is 0,85 includes in “big” category. Based on that result, experimental method effective in increasing ability to communicate and students concept mastery on thermochemistry.
Keyword: communication, concept mastery, experiment method, thermochemistry
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengaruh metode eksperimen dibuktikan dengan besarnya nilai n-Gain, serta didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode eksperimen meningkat, juga sesuai dengan perhitungan yang menunjukan bahwa nilai n-Gain kelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukan bahwa hasil uji pengaruh kelas eksperimen sebesar 0,85 yang termasuk kategori “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, metode eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia.
Kata kunci: mengkomunikasikan, metode eksperimen, penguasaan konsep, termokimia.
Full Text:
PDFReferences
Abimanyu, S, et al. 2009. Strategi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional: Diljen Dikti.
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya, Jakarta.
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Anitah, S, et al. 2007. Strategi Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta.
Anonim (1). 2013. Konsep-Konsep Pendekatan Scientific pada Proses Pembelajaran. Kemendikbud, Jakarta.
Anonim (2). 2007. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem pendidikan Nasional) UU RI No. 20 tahun 2003 dan undang-undang Guru dan dosen UU RI Nomor 14 tahun 2005, Jakarta.
Anonim (3). 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud, Jakarta.
Arifin, Mulyati. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Kimia. UNAIR, Surabaya.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Depdiknas, Jakarta.
Conny, S, et al. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Rineka Cipta, Jakarta.
Creswell, J. W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Thrid Edition. Sage Publications. United States of America.
Dahar, R.W. 1998. Teori-Teori Belajar. Erlangga, Jakarta.
Dahar, R.W. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga, Bandung.
Dahar, R.W. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga, Jakarta.
Daryanto. 2014. Pembelajran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Gava Media, Jogjakarta.
Dimyati dan Moedjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.
Effendi Sofian. 2012. Metode Penelitian Survei. LP3ES, Jakarta.
Hake, R. (2002, August). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. In Physics education. research conference (No. 2), pp. 30-45.
Indah, R, et al. 2018. Efektifitas Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep larutan Elektroli-Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia.
Johari, M, et al. 2014. Pengaruh Pembeajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (4).
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mahmudin. 2010. Komponen Penilaian KPS. (Online), (http://mahmudin.wordpress.com/-2010/10/komponen penilaian-k-ps/tembolok.html), diakses 30 Agustus 2018.
Mutawakkilah, Q, dkk. 2018. Pengaruh Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Ke mampuan Metakognisi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Penentuan pH larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2).
Palendeng. 2003. Strategi Pembelajaran Aktif. Rineka Cipta, Jakarta.
Roestiyah, N. K. 1994. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem Rieneka Cipta, Jakarta.
Roestiyah, N, K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rieneka Cipta, Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, Bandung.
Sagala. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Santrock, J. W. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi 3. Salemba Humanika, Jakarta.
Schoenherr, Palendeng.2003. Strategi Pembelajaran Sains. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sudibyo, B. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Sunyono. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya : tidak dipublikasikan.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Sutikno. 2002. Konsep Dasar Geografi. Direkorat PLP, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.