Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Visual pada Materi Asam Basa

Hanisa Damayana, M Setyarini, Ila Rosilawati

Abstract


This research aims to develop student worksheets based visual literacy and describe its characteristics,teachers’, and students’ responses to the student worksheets on acid base topic. This research used Borg and Gall design of research and development with only focused on the first five stage.Research data were analyzed using descriptive statistics analysis. The expert validation showed that the average percentage on content suitability aspect, construction, and readability were 93,33%, 94,28%, and 90% with very high criteria.The teachers’ responses on suitability, construction, and readability aspects were 90,83%, 90%, and 91,42%, respectively with very high criteria. While students’ responses on readability and attractiveness were 93,14% and 95,84%, respectively with very high criteria.Based on these results, the student worksheets generated by this research is valid and worthy as sources of learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis literasi visual dan mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru,serta tanggapan siswa terhadap LKS yang dikembangkan pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dengan hanya berfokus pada lima tahap pertama. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek kesesuaian isi,konstruksi, dan keterbacaan berturut-turut sebesar 93,33%, 94,28%, dan 90% dengan kriteria sangat tinggi. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaanberturut-turut sebesar 90,83%, 90%, dan 91,42% dengan kriteria sangat tinggi. Tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan berturut-turut sebesar 93,14% dan 95,84% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, LKS yang dihasilkan dari penelitian ini valid dan layak digunakan sebagai media belajar.

Kata kunci: literasi visual, lembar kerja siswa, asam basa       


Full Text:

PDF

References


Aanstoos, J. 2003. Visual Literacy: An Overview. 32nd Applied Imagenery Pattern Recognition Workshop(AIPR’03),Washington, DC.

Arikunto, S. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

................ 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Avgerinou, M.D. 2009. Re-Viewing Visual Literacy in the “Bain d’ Images” Era. Journal Science Education. Vol. 53 (2): 28-34.

Chittleborough, G. 2004.The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Students’ Mental Models of Chemical Phenomena. Thesis. Curtin University of Technology.

Cooper, J. 2003.Classroom Teaching Skill. MA: Houghton Mifflin, Boston.

Dewi, C.A. 2016. Pengembangan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ikatan Kimia Untuk Mahasiswa Calon Guru. Disampaikan pada Prosiding Seminar Nasional Pusat Pendidikan Sains dan Avgerinou, M.D. 2009. Re-Viewing Visual Literacy in the “Bain d’ Images” Era. Journal Science Education. Vol. 53 (2): 28-34.

Chittleborough, G. 2004.The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Students’ Mental Models of Chemical Phenomena. Thesis. CurtinUniversity ofTechnology.

Cooper, J. 2003.Classroom Teaching Skill. MA: Houghton Mifflin,Boston.

Dewi, C.A. 2016. Pengembangan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ikatan Kimia Untuk Mahasiswa Calon Guru. Disampaikan pada Prosiding Seminar Nasional Pusat Pendidikan Sains dan Matematika 12 Maret 2016 “Assessment of Higher Order Thinking Skills” di Mataram.

Gilbert, J.K. 2005. Visualization in Science Education. Springer,Dordrecht. p. 1-6.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/ MadrasahAliyah, Jakarta.

Kusuma, E., Wibowo, L.S., Wijayanti, N. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 2 (1). Unnes. Semarang.

Lacy. 1987. Visual Education. MN: Minneapolis Public Schools, Minneapolis.

Nugroho, T.A.T. 2018. Seberapa Penting MPI Berbasis Mobile Di Sekolah Dasar. UNY.Yogyakarta. Diakses di (http://thomasaditn.blogs.uny.ac.id/

wpcontent/uploads/sites/15661/2018/01/Seberapa-penting-MPI-Berbasis-Mobile-Di-Sekolah-Dasar.pdf)

Permendikbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia Kurikulum 2013 Revisi Dinyatakan pada UU Nomor 24 Tahun 2016.

Rakes, G. C. 1999. Teaching VisualLearning in A Multimedia Age. Tech Trends. Vol. 43(4): 14-18.

Redhana, I. W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen Terhadap Keterampilan Berpikir Siswa Pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 43, No. 17: 141–148.

Schonborn, K.J & Anderson, T.R. 2010. Bridging the Educational Research-Teaching Practic Gap. Journal Biochemistry and Molecular Education. Vol. 38 (5): 347.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung, Remaja Rosdakarya. (Diakses pada 25 Januari 2018).

Wiratmojo, P. & Sasanohardjo. 2002. Media Pembelajaran. LAN RI, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.