Efektivitas Model ADI Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Zat Aditif-Adiktif Ditinjau dari Gender

Dina Kiftatul Kusnia, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This study aims to describe the effectiveness of the Argument Driven Inquiry (ADI) learning model on additive and addictive substances in improving students' critical thinking skills in terms of gender. The research method used is quasi experiment with non equivalent pretest and posttest control group design. The sample of this research is class VIII.1 as experimental class and VIII.4 as control class at SMP Global Madani Bandar Lampung with purposive sampling technique. Data analysis used in this research is ankova test and difference of two mean. The results showed that n-Gain critical thinking skills of male and female students of the experimental class were significantly higher than n-Gain male and female students of the control class with a sig (2-tailed) value of 0.000. Based on these results it is concluded that ADI learning model on additive and addictive substances is effective in improving students' critical thinking skills in terms of gender.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) pada materi zat aditif dan adiktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender.  Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent pretest and posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol di SMP Global Madani Bandar Lampung dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji ankova dan perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada n-Gain siswa laki-laki dan perempuan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000.  Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI pada materi zat aditif dan adiktif efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender.

Kata kunci: berpikir kritis, gender, model ADI


Full Text:

PDF

References


As’ari, A.R.. 2015. Pendidikan Matematika Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Siswa Indonesia Dalam Era Global. Makalah disajikan dalam Stadium Generale dan Seminar Nasional Pendidikan MIPA, UNILA, Bandar Lampung 12 September 2015.

Asoodeh, M. H., M.B. Asoodeh., dan M. Zarepour. 2012. The Impact of Student Centered Learning on Academic Achievement and Social Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 560-564.

Bustinoor, R. 2012. Perbedaan Pemahaman Pembelajaran Matematika pada Siswa SD antara Pendekatan Pembelajaran Teacher Centered dan Learner Centerd . Tesis. Jakarta: Binus University.

Costa, A. L. 1985. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Farida, I.dan Gusniarti, W. F. 2014. Profil KetrampilanArgumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains. Vol. VI. No. 01.

Fraenkel, R. Jack, E. W. Norman dan H. H. Helen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. The Mc GrawHill Companies, Inc. New York.

Fun, C. S. & N. Maskat. 2010. Teacher Centered Mind Mapping Versus Student Centered Mind Mapping in the Teaching of Accounting at Pre-U-Level−An Action Research. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 240-246.

Ginanjar,W.S. 2015. Penerapan Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 20, No. 1.

Huda, F.Z. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembangkit Argumen dengan Model Investigasi Sains terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Fluida Statis. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Jagsi, R., De Castro, R., Griffith, K. A., Rangarajan, S., Churchill, C., Stewart, A., dan Ubel, P. 2011. Similarities and differences in the career trajectories of male and female career development award recipients. Academic Medicine, 86: 1415-1421.

Mentari. 2015. Penerapan Model Active Learning Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jurang Ubung. Skripsi. Universitas Lampung. Bandarlampung.

Michael, G. L., dan Todd, A. M. 2012. Sex, Personality, and Sustainable Consumer Behaviour: Elucidating the Gender Effect. J Consum Policy. 35: 127–144.

Permendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

Sampson, V., dan Gerbino, F. (2010). Two Instructional Models That Teachers Can Use to Promote & Support Scientific Argumentation in the Biology Classroom. The American Biology Teacher, Vol. 72, No. 7, pages 427-431.

Stephenson, N. S. dan N. P. Sadler-McKnight. 2016. Developing Critical Thinking Skills Using the Science Writing Heuristic in the Chemistry Laboratory. Chemistry Education Research and Practice, 17, 72-79.

Susilo, A.B. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary Educational,1(1),57-63.

Wulandari, A. D. 2013. Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 18-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.