E-BOOK INTERAKTIF SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS FENOMENA KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Abstract
This research which used R&D design according to Borg and Gall had been conducted with the aim to develop an interactive e-Book on colligative properties of solution based on everyday life phenomena. The steps in this research were research and information collecting, planning, developing preliminary form of product, preliminary field testing, and main product revision. Preliminary field testing was done at SMA Kosgoro Bandar Sribhawono East Lampung and Lampung University. The characteristics of developed interactive e-Book were based on everyday life phenomena and completed with image, animation, and video to support the explanation of topic. Based on the teacher’s and student’s responses of the interactive e-Book, they were obtained that the percentage on aspect of the content suitability and readibility were 100% and 90%, respectively, which categorized in very high.
Penelitian dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan e-Book interaktif sifat koligatif larutan berbasis fenomena kehidupan sehari-hari. Tahapan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. Uji coba lapangan awal dilakukan di SMA Kosgoro Bandar Sribhawono Lampung Timur dan Universitas Lampung. Karakteristik e-Book interaktif hasil pengembangan ini berbasis fenomena kehidupan sehari-hari dan dilengkapi dengan gambar, animasi, serta video untuk mendukung penjelasan materi. Berdasarkan hasil respon guru dan mahasiswa terhadap e-Book interaktif, diperoleh persentase pada aspek kesesuaian isi materi dan keterbacaan sebesar 100% dan 90% yang semuanya dikategorikan sangat tinggi.
Kata kunci: e-Book interaktif, fenomena kehidupan sehari-hari, sifat koligatif
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanti, F. dan Winarti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 9 (2): 27-33.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Campbell, B. and Lubben, F. 2000. Learning Science through Contexts: Helping Pupils Make Sense of Everyday Situations. International Journal of Science Education, 22 (3): 239-252.
Fadiawati, N. dan Diawati, C. 2011. The Problem-Based Learning Model to Increase Students’Skills in Communication, Classification, and Comprehension of Acid-Base Concepts. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Unila 26 November 2011.
Firman, H. 2007. Pendidikan Kimia. dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disip-lin Ilmu (Editor: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI Bandung). Bandung: Penerbit Imtima.
Haris, D. 2011. Panduan Leng-kap E-Book: Strategi Pembuatan dan Pemasaran E-Book. Yogyakarta: Cakrawala.
Huda, A. 2012. Model Pembe-lajaran Interaktif. [Online]. Tersedia: http://www.slideshare.net/AhmadH6/model-pembelajaran-interaktif. [5 Januari 2016].
Huda, T. A., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif Termokimia Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (2): 530-542.
Jalal, F. 2006. Peran PPPG dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Makalah disampaikan pada Rapat Koordinasi 12 PPPG Jakarta.
Jarman, R. and McAleese, L. 1996. A Survey of Children’s Reported Use of School Science in Their Everyday Lives. Research Papers Education, 55: 1-15.
Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung:
Refika Aditama.
Munir. 2008. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nur’aini, D., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (2): 517-529.
Perdana, D.M.P. 2013. Pengembangan Buku Digital Interaktif (BUDIN) Berbasis Adobe Creative Suite pada Materi Genetika di SMK. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Restiyowati, I. dan Sanjaya, I.G.M. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Jurnal of Chemical Education, 1 (1): 130-135.
Riduwan, M.B.A. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, I.G.M dan Eskawati, S.Y. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA. Unesa Jurnal of Chemical Education, 1 (2): 46-53.
Siddik, M. 2009. Urgensi Sumber Belajar Dalam Pendidikan. Makalah Diklat Keagamaan Medan Sumatera Utara.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Susilana, R. 2007. Sumber Belajar dalam Pendidikan. dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian II: Ilmu Pendidikan Praktis (Editor: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI Bandung). Bandung: Penerbit Imtima.
Suyatna, A. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Rumpun IPA. dalam Kumpulan Makalah Pembicara Utama Disajikan pada Studium General dan Seminar Nasional Pendidikan MIPA 12 September 2015.
Syuhada, F.A., Hernani, dan Yuliana, G. 2015. Pengembangan Buku Ajar Reaksi Redoks Menggunakan Konteks Kembang Api untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 3 (1).
Tim Penyusun. 2013. Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Wijayanti, S., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif Kesetimbangan Kimia Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (2): 481-492.
Yulianti, E., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif Laju Reaksi Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (2): 481-492.
Yurumezoglu, K. and Oguz-Unver, A. 2011. A Suggestion for an Experiment That Integrates the Teaching of Science with Everyday Life: “Why Are the Seas Blue?” Science Activities, 48: 43-48.
Refbacks
- There are currently no refbacks.