Hubungan Kemampuan Metakognisi dan Self Efficacy dengan Literasi Kimia Siswa Menggunakan Model SiMaYang

Temu Riyadi, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the relation between metacognition capability and self efficacy toward chemical literacy student SiMaYang learning model. The research subject were 23 students of the 11th IPA1 SMA Muhammadiyah 1 Metro. The research method used was survey method with correlation research design. The instrument used was metacognition questionnaire, self efficacy scale and post test question. The result of this research showed that there were correlation between metacognition capability to chemical literacy of students was strong, positive, and significant. Correlation between self efficacy to chemical literacy students was strong, positive, and significant. And correlation between metacognition capability concerning self efficacy was very strong, positive, and significant. Also, beside that there were correlation between metacognition capability and self efficacy corcerning chemical literacy students to strong correlation, positive and significant.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan metakognisi dan self efficacy terhadap literasi kimia siswa melalui model pembelajaran SiMaYang. Subjek penelitian yaitu 23 siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 1 Metro. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain penelitian korelasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket metakognisi, skala self efficacy dan soal post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kemampuan metakognisi terhadap literasi kimia siswa yang tergolong kuat, positif, dan signifikan. Hubungan antara self efficacy terhadap literasi kimia siswa yang tergolong kuat, positif, dan signifikan. Serta hubungan antara kemampuan metakognisi terhadap self efficacy yang tergolong sangat kuat, positif, dan signifikan. Selain itu juga terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi dan self efficacy terhadap literasi kimia siswa terhadap hubungan yang kuat, positif dan signifikan.

Kata kunci : literasi kimia, metakognisi, self efficacy

Full Text:

PDF

References


Affandi, Y. 2015. Pengaruh Self Regulated Learning Siswa Terhadap Keterampilan Literasi Sains Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Topik Kalor Dan Perubahan Suhu Benda. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. A Revision of Blooms Taxonomy of education Objectives. New York: Addisin Wesley.

Arends, R.L. 2001. Classroom instruction and management. New York: McGraw-Hill Book Co.

Bandura, A., Pastorelli, C., Barbaranelli, C., dan Caprara, G. V.. 1999. Self-Efficacy Pathways Childhood Depres-sion. Jornal of Personality and Social Psychology, 76 (2): 258-269.

Budiman, A. dan Jailani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (2): 139-151

Fraenkel, J. R., dan Walen, N.C.. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Harahap, D.. 2011. Analisis Hubungan Antara Efikasi Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Kimianya. Padang sidimpuan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.

Haristy, D. R., Enawaty, E., dan Lestari, I. 2012. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Untan. 12 (2)

Hasna, N. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Peserta Didik pada Praktikum Kenaikan Titik Didih dan Penurunan Titik Beku Larutan. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Kirbulut, Z. D. 2014. Modeling the Relationship between High School Students Chemistry Self-efficacy and Metacognitif Awarness. International Journal of Environmental and Science Education. 9 (2) : 177-196.

Meidayanti, R. 2016. Pembelajaran SiMaYang Untuk Meningkat-kan Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan NonElektrolit. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mohamad, N. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Pusat Pendidikan Sains dan Matematika Sekolah. Surabaya: Unesa.

Nurmala, V. 2016. Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Nuryana, E. dan Sugiarto, B. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Journal of Chemical Education .1(1) 83-75

Tim Penyusun. 2015. PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: matemathics, reading, science, problem solving, and financial literacy.[Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (kemdikbud.go.id, diakses pada 16 November 2016). 595 hlm.

Priyatno, D. 2010. Paham Analisa Statistika Data dengan SPSS. Yogyakarta:Mediakom.

Rahman, S. dan Phillips, J.A. 2006. Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal pendidikan. 31(2006): 21-39.

Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika. 530 hlm.

Sholihah, I. M., Karyanto, P., dan Sugiharto, B. 2012. Kekuatan Dan Arah Kemampuan Metakognisi, Kecerdasan Verbal, dan Kecerdasan Interpersonal Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(1): 31-39.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Sunyono, L. Yuanita., dan M. Ibrahim. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Journal Science Education International. 26 (2): 104-125.

Suyanti. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kemampuan Metakognisi Terhadap Penguasaan Konsep Kimia Siswa Melalui Model SiMaYang Tipe II. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Tugiyah. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan NonElektrolit. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Utami, N. R. S. 2016. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Model Mental Siswa dalam Pembelajaran Larutan Elektrolit dan NonElektrolit Menggunakan Model Simayang. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Ulva, G. S. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II Untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.