Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan KPS dan Penguasaan Konsep
Abstract
This research was aimed to describe scaffolding effect in SiMaYang learning to improve science process skills and mastery concept on redox reaction. This research used quasi experiment with Pretest Posttest Control Group Design. The samples on this research were students on X MIA 7 and X MIA 8 classes in SMA Negeri 10 Bandarlampung. Scaffolding effect in SiMaYang learning was determined with different two average n-gain and effect size of science process skills and mastery concept. The result showed that scaffolding strategy in SiMaYang learning had a large effect to improve science process skills and mastery concept with high category of n-gain, while in SiMaYang learning without scaffolding strategy also had a large effect of improving science process skills and mastery concept, but with n-gain only were on middle category.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperiemen dengan Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 7 dan XI MIA 8 SMA Negeri 10 Bandarlampung. Pengaruh scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size terhadap KPS dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh besar dengan kategori n-gain tinggi, sedangkan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding juga memiliki pengaruh pengaruh besar tetapi hanya pada n-gain berkategori sedang.
Kata kunci: keterampilan proses sains, pembelajaran SiMaYang, pengaruh, penguasaan konsep, scaffolding
Full Text:
PDFReferences
Afdila, D., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1): 248-261.
Aini, N., Abdurrahman, dan Nengah, M. 2015. Pengaruh aktivitas pada Scaffolding dalam Konteks Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Konsep Kalor. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Amelia dan Syahmani. 2015. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Materi Redoks Pada Siswa Kelas X Ms 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 6(2) . 32-39.
Ango, M.L. 2002. Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educology, 1 (16): 11-20.
Anwar, K., Sunyono, dan Kadaritna, N. 2015. Pembelajaran dengan Model SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3):795-806.
Apriana, Nengah, M., dan Abdurrahman. 2014. Pengaruh Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Fisika Berbasis Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey : a Meta Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1):99-118.
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., & H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrow-Hill. New York.
Hansen, J. W & Lovedahl, G. G. 2004. Developing technology teachers: Questioning the industrial tool use model. Journal of Technology Education,15 (2): 20-32.
Jahjouh. Y. M. A. 2014. The effectiveness of Blended E. Learning Forum In Planning For Sciance Instruction. Journal of Turkish Sciance Education, 11(4) 3-16.
Lange, V.L. 2002. Instructional Scaffolding. Retrieved on September 2007. hhtp://condor. admin.ccny.cuny.edu/-group4/ Cano/Cano% 20paper.doc. diakses pada 10 Desember 2016.
Mamin, R. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica. 10 (2). 55-60.
Mitrovino, N dan S.H. Syarief. 2015. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Di Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Journal of Chemical Education. 4.(3). 466-47.
Nasrullah, A., Hadisaputro, S dan Sumarti, S. S. 2015. Keefektifan metode praktikum berbasis inquiry pada pemahaman konsep dan keterampilan proses sains. Chemistry in Education. 4(2): 50-55.
Ningsih,N.L.E., Karyasa,I.W., dan Suardana, I.Y. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia dengan Setting Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Kimia Siswa. E-Jourmal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5: 2-3.
OECD (Organization for Ecomonic Co-operation and Development). 2013. PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: matemathics, reading, science, problem solving, and financial literacy.[Online]. Tersedia: http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/ education/pisa-2012-assessment-and-analytical-framework_9789264190511-en. (16 desember 2016).
OECD. 2016. Programme for International Students Assessment Non OECD Countries. [OECD Publishing Online]. Tersedia di: http:// www.oecd. org/edu/school/programmeforinternationalstudentsassessmentpisa/33690591.pdf (20 Juni 2017).
Silaban, B. 2014. Hubungan antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20 (1), 1-13
Soleha, I. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Problem Solving dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Aura Press. Bandarlampung.
Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama. Lembaga Penelitian Universitas Lampung.
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Inter-nalisasi, dan Evaluasi. Bandarlampung: Media Akademi.
Sunyono, L. Yuanita, dan M. Ibrahim. 2015a. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concept. Science Education International, 26 (2): 113.
Talisna, A. F., Sunyuno, dan Emmawati, S. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3):825-827.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud RI Nomor 59 tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.