PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS DI SMAN 1 KOTAAGUNG

Rosita Wati, Agus Suyatna, Ismu Wahyudi

Abstract


This development research aimed to develop student worksheet based on guided inquiry for static fluid learning and to determine attractiveness, easiness, usefulness, and effectiveness of the product at SMAN 1 Kotaagung. This development consisted of need analysis, deciding learning outcomes, developing main material, compiling the research instrument, arranging the first draft (prototype), evaluation, revision, making the final script, testing the product, and making final product. The result of the effectiveness testing showed that the final product was effective. The product was attractive, easy to use, and useful.

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran fluida statis dan mengetahui kemenarikan, kemudahan, kebermanfaatan, dan keefektifan produk di SMAN 1 Kotaagung. Pengembangan tersebut terdiri dari analisis kebutuhan, penentuan tujuan pembelajaran, mengembangkan pokok materi, menyusun instrumen penelitian, merancang naskah awal (prototipe), evaluasi, revisi, membuat naskah akhir, melakukan uji coba produk, dan membuat produk final. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa produk akhir sudah efektif. Produk yang dihasilkan menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat.

Kata kunci: LKS berbasis inkuiri terbimbing, pembelajaran fluida statis, pengembangan LKS.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad. 2013. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahrie. 2012. Lembar Kerja Siswa (LKS). (Online). (http://fahrie13.blogspot.com/2012/06/lembar-kerja-siswa-lks.html. Diakses 3 November 2014).

Herdian. 2010. Model Pembelajaran Inkuiri. (Online). (http://herdyo7.wordpress.-com/2010/05/27/model-pembelajaran-inkuiri//. Diakses 10 Agsutus 2014).

Iierr, Maknae. 2012. Pembuatan LKS (Lembar Kerja Siswa). (Online). (http://iierrr.blogspot.com/2012/05/pembuatan-lks-lembar-kerja-siswa.html. Diakses 6 November 2014).

Kaniawati, I. 2010. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Lesson Study. (Online). (danaranizar.blogspot.com/2013/05/penerapan-pembelajaran-inkuiri.html. Diakses 29 April 2015).

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslim, Arifin. 2014. Lembar Kerja Siswa (LKS).(Online). (http://arifinmuslim.wordpress.com/2014/02/21/lembar-kerja-siswa-lks.html. Diakses 6 November 2014).

Ristanto, Rizhal Hendi. 2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Multimedia Dan Lingkungan Riil Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Awal. Tesis. Surakarta. UNS (Tidak Diterbitkan).

Sadiman, Arief S., R. Raharjo. Anung Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiono, Budi. 2011. Pengembangan Alat Perekam Getaran Sebagai Media Pembelajaran Konsep Getaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Sitohang, Bethesda. 2013. Lembar Kerja Siswa. (Online). (http://bethesdalrs.blogspot.com/2013/08/lembar-kerja-siswa.html. Diakses 5 November 2014).

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.