PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ELATISITAS DAN HUKUM HOOKE

Desmaria Kristin S., I Dewa Putu Nyeneng, Chandra Ertikanto

Abstract


The aims of the research are to produce learning modul based on guided inquiry for elasticity material and Hooke's law and describe the attractivenes, easiness, the benefit of modul, and the effectiveness of the developed modul. The development of procedures consist of the potential and problems, gathering the data, product design, validity design, revision design,product test, revision product, and the production. The result of the research is it has been produce a learning modul based on guided inquiry for elasticity of material and Hooke's law which has a very good attractiveness with the score 3.32, a very good easiness with the score 3.43, and a very good benefit of product with the score 3.42. Modul has been proper used because it has average gain with the score 0,69 included in the medium category.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi elastisitas dan Hukum Hooke serta mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan modul yang dikembangkan. Prosedur pengembangan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi elastisitas dan Hukum Hooke yang memiliki tingkat kemenarikan sangat baik dengan skor 3,32, tingkat kemudahan sangat baik dengan skor 3,43, dan tingkat kemanfaatan sangat baik dengan skor 3,42. Modul dinyatakan efektif untuk digunakan karena memiliki rata-rata gain sebesar 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, modul, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2012. PanduanPenyusunan Modul Bagi Pengembangan Profesional. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Arum, Resita Fitria. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Tema Belajar Mikroskop yang Mudah dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/Mt. (Online).(http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/2556/66/335. Diakses 4 Maret 2015).

Ibrahim, Muslimin. 2010. Pembelajaran Inkuiri. Jakarta: Rineka Cipta.

Luthfiyani, Inas Gunawan. 2014. Pengembangan LKS pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Pengaruh Suhu terhadap Kehidupan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wates.(Online). (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/7044/66/888. Diakses 4 Maret 2015).

Mulyasa, Enco. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prambudi, Shoim. 2010. Strategi Pembelajaran Inkuiri. (Online). (http://shoimprambudi.wordpress.com/. Diakses 17 November 2014).

Purwanti, Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Skripsi. UPI: Tidak diterbitkan.

Ratna, Askarita Fitriani. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Tema Garputala untuk Mengingkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/Mts.(Online). (http://journal. student.uny.ac.id/jurnal/artikel/3101/66/523. Diakses 4 Maret 2015).

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Runika, Sahrul. 2009. Macam-Macam Model Pembelajaran Inkuiri. (Online).(http://sahrulgmail.blogspot.com. Diakses 16 November 2014).

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprawoto. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online).(http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan-Bahan Ajar-dengan-Menyusun-Modul. Diakses 22 November 2014).

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.