PENGARUH AKTIVITAS PADA PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Eda Bayu Citra Dewi, I Dewa Putu Nyeneng, Chandra Ertikanto

Abstract


This study purpose is to investigate the effect of students activity in the phisics learning of the momentum and impulse material to the physics student learning outcomes. Design of experiments in this study is using the One Shoot Case Study. Then, to test the effect of the linearity test, and simple linear regression are based on data activity on student learning outcomes. The results showed that there are significant positive linear and significant correlation between physical activity on learning outcomes of students with determinant contribution by 22% .

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh aktivitas belajar fisika siswa pada materi impuls dan momentum terhadap hasil belajar fisika siswa. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk One Shoot Case Study. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, dan regresi linear sederhana berdasarkan data aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas terhadap hasil belajar fisika siswa dengan kontribusi determinan sebesar 22%.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran sains teknologi masyarakat


Full Text:

PDF

References


Anomin. 2006. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Penbelajaran Sains di Sekolah. 28 Agustus 2006. (http://www.depdiknas.go.id/ju rnal/40.html. diakses pada 17 Januari 2013).

Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Maronta. 2006. Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. (online) (http://berbagirefrensi. blogspot. com/2010/02/pembelajaran- dengan-model-stm. diakses pada 17 Januari 2013).

Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Prayekti. 2002. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat tentang Konsep Pesawat Terbang Sederhana dalam Pembelajaran IPA di kelas 5 Sekolah Dasar. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusmansyah, Yudha Isaryuana. 2006. Prospek Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di Kalimantan Selatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini dan Akbar Purnomo S. 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.