PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DENGAN BANTUAN BSE

Widian Eni Novianti, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


The aims of this research were to know the improvement of students cognitive result pre and post of the scientific approach implementation with School E-Book and to know the relation between sudents' attitudes towards students cognitive result in learning used scientific approach with School E-Book. This research was conducted at MTS Al-Mubarok Uman Agung, Bandar Mataram, Central Lampung. The samples of the research were students of class VII, which has taken by using saturated sampling technique. The cognitive result data in this research were obtained by the observation. The result of this research showed that the improvement of the significant cognitive result pre and post of the scientific approach with School E-Book implementation, is 29,46. Beside that, there are positive and significant relation both of students’ attitudes and students cognitive result in learning used scientific approach with School E-Book that is showed by pearson correlation value is 0,48 or in medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan scientific approach dengan bantuan BSE, dan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan scientific approach dengan bantuan BSE. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Mubarok Uman Agung, Bandar Mataram, Lampung Tengah. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data hasil belajar pada penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan pretest-posttest dan data aktivitas diperoleh dari pengamatan oleh observer. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan scientific approach dengan bantuan BSE, yaitu sebesar 29,46. Selain itu juga terdapat juga hubungan yang positif dan signifikan, antara aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran scientific approach dengan bantuan BSE, dengan diperoleh pearson correlation sebesar 0,48 atau kategori sedang.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran dengan BSE, scientific approach


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Apriyanto, Yoyo. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. (online). (http://www.ilmu-matematika.blogspot.com/2013/03/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html. Diakses 15 Mei 2013)

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Atsnan, M.F., dan Rahmita Yuliana Gazali. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Jurnal Materi Seminar Nasional. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Fauziah, Resti, Ade Gafar Abdullah, dan Dadang Lukman Hakim. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal INVOTEC. Volume IX, No.2, Agustus 2013: 165-178

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Guru Materi Implementasi Kurikulum 2013 SMP/ MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: BPSDMPMP

Lubis, Kun Marlina. 2011. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Hidrosferdan Dampaknya terhadap Kehidupan Melalui Tindakan Guru Inovatif pada Kelas X di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Geografi. Volume 8 No. 1 Januari 2011: 21-32

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2007. Buku Sekolah Elektronik. (on line). (http://www.-puskurbuk.net/web/bse.html. Diakses 19 Mei 2013)

Rohani, Ahmad. 2004. Edisi Revisi: Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suyatna, Agus. 2013. Desain Pembelajaran Fisika dengan Scientific Approach Menggunakan Kurikulum 2013. Makalah Seminar Pendidikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.