PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
The objectives of this development research were to create science lesson plan with divinity and loving environment value contents, and to describe the effectiveness of the developed product. The development procedure used research and development methods containing of the need of analysis, the initial product development, the expert test, revision, and field test. The result product of this research study is in the form of science lesson plan with divinity and loving environment value contents that had been validated. The product had been evidented as effective based on result of students’ learning that had fulfilled KKM at the VII.8 class of SMP Negeri 2 Bandar Lampung.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan serta mendeskripsikan efektivitas produk yang dikembangkan. Prosedur pengembangan menggunakan metode research and development, yang terdiri atas analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, uji ahli, revisi, dan uji lapangan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa RPP sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang telah divalidasi. Produk dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM pada kelas VII.8 SMP Negeri 2 Bandar Lampung.
Kata kunci: nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, rencana pelaksanaan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfa Beta
Hamalik, Umar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jannah, Miftakhul. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing. Journal of Innovative Science Education. (Online), Jilid 1, No.1, (http://www.journal.unnes.ac.id, diakses 14 November 2013)
Mendikbud. 2013. Peraturan Meneri Pendidikan dan Kebudayaan No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muslich, Masnur. 2009. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Purwanto, Agus. 2008. Ayat-Ayat Semesta; Sisi-Sisi Al-Qur’an yang terlupakan. Bandung: PT Mizan Pustaka
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Unila
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: PT Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.