PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Rika Syafitri, Undang Rosidin, Chandra Ertikanto

Abstract


The objectives of this development research were to create science lesson plan with divinity and loving environment value contents, and to describe the effectiveness of the developed product. The development procedure used research and development methods containing of the need of analysis, the initial product development, the expert test, revision, and field test. The result product of this research study is in the form of science lesson plan with divinity and loving environment value contents that had been validated. The product had been evidented as effective based on result of students’ learning that had fulfilled KKM at the VII.8 class of SMP Negeri 2 Bandar Lampung.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan serta mendeskripsikan efektivitas produk yang dikembangkan. Prosedur pengembangan menggunakan metode research and development, yang terdiri atas analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, uji ahli, revisi, dan uji lapangan. Hasil penelitian ini adalah produk berupa RPP sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang telah divalidasi. Produk dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM pada kelas VII.8 SMP Negeri 2 Bandar Lampung.

Kata kunci: nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfa Beta

Hamalik, Umar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jannah, Miftakhul. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing. Journal of Innovative Science Education. (Online), Jilid 1, No.1, (http://www.journal.unnes.ac.id, diakses 14 November 2013)

Mendikbud. 2013. Peraturan Meneri Pendidikan dan Kebudayaan No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2009. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Purwanto, Agus. 2008. Ayat-Ayat Semesta; Sisi-Sisi Al-Qur’an yang terlupakan. Bandung: PT Mizan Pustaka

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Unila

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: PT Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.