PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL TUTORIAL MATERI IMPULS DAN MOMENTUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Dede Indra Komara, Chandra Ertikanto, Undang Rosidin

Abstract


This study aims to describe the influence of interactive learning media tutorial model on the ability of critical thinking. The sample of this research is the students of class X MIA 1 and 2 MAN 2 Tangerang. This research uses Pre-Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design type. Data were tested with N-gain analysis, normality test, homogeneity test and Independent Sample T-test. Results from the Independent Sample T-test Sig value. (2-Tailed) less than 0.05 is 0.002, then it can be stated there is a significant influence of the use of interactive learning media tutorial model on the ability of critical thinking. Based on the average N-gain critical thinking ability in the experimental class of 0.78 (high category), while the control class is 0.66 (medium category). Interactive learning media tutorial model can improve critical thinking skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran interaktif model tutorial terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan 2 MAN 2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil dari uji Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,002, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif model tutorial terhadap kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,78 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,66 (kategori sedang). Media pembelajaran interaktif model tutorial mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci: Pembelajaran Interaktif, Model Tutorial, Kemampuan Berpikir Kritis




Full Text:

PDF

References


Azizah, N., Subiki., dan Handayani. 2016. Penerapan Model Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5. No. 2. Hal 156-161.

Gunawan, D., Suyatna, A., dan Sesunan, F. 2016. Pemanfaatan Media TIK Tutorial sebagai Komplemen Demonstrasi pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4. No. 3. Hal. 108-113.

Hamalik, O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein, S., Herayanti, L., dan Gunawan. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 1. No. 1. Hal. 7-10.

Hutapea, N., Nyeneng, I.D.P., dan Suana, W. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Impuls Dan Momentum dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4. No. 3. Hal. 84-89.

Nurbaiti, N., Ertikanto, C., dan Wahyudi, I. 2016. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4. No. 2. Hal. 72-77.

Riasti, Mia F., Suyatna, A., dan Wahyudi, I. 2016. Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4. No. 1. Hal 13-17.

Sadiman, A.S., Raharjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Wati, R., Rusmansyah., dan Sholahuddin, A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koloid melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol. 5. No. 2. Hal. 20-31.

Wicaksono, A., Suyatna, A., dan Sesunan, F. 2013. Pengembangan Media Tutorial Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 1. No. 3. Hal. 95-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.