PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The experimental research which aimed to know the influences of students critical thinking ability toward learning outcomes on the use of inquiry based module of temperature and changing object has been developed and validated by experts. This experimental research used one-shot case study design with the population were all of VII grade students of SMP Negeri 1 Bandar Lampung in the academic year 2015/2016. The researchs sample were students of 7.8 class which was choosen by simple random sampling technique. Based on the results of simple regression test, it can be concluded that there is a positive and significant influences between students critical thinking ability on using inquiry based module of temperature and changing object toward learning outcomes as much as 60.3%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada penggunaan modul pembelajaran berbasis inkuiri materi suhu dan perubahan terhadap hasil belajar siswa, dimana modul pembelajaran yang digunakan telah dikembangkan dan tervalidasi konstruk oleh ahli. Desain penelitian ini adalah one-shot case study,dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas 7.8 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa pada penggunaan modul pembelajaran berbasis inkuiri materi suhu dan perubahan terhadap hasil belajar siswa sebesar 60.3%.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, modul pembelajaran, metode inkuiri
Full Text:
PDFReferences
Aditya, Dian. 2013. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, Universitas Lampung. Vol. 1 No 2, Hlm 133 141.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, Muslimin. 2010. Model Pembelajaran Inkuiri. Online. http://fisika21.wordpress.com. Diakses 26 Oktober 2015.
Praba. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika BerbasisInkuiriTerbimbingPada Materi Suhudan Perubahan. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung. Vol. 3 No. 3, Hlm 123 132.
Robih, Moh. Wildan. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya. Vol. 3 No 3, Hlm 24 40.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningsih, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2011. Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wulandari, Nadiah. 2011. Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tekno Pedagogi, Universitas Jambi. Vol. 1 No 1, Hlm 14 - 24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0). license.