PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
This research (LCDS) aimed to produce Learning Module Using Learning Content Development System on energy and work material.This research used research and development (R&D) method with the implementation procedure adopted from research design development of instructional media by suyanto and sartinem that were consisted of seven steps, includes: (1) need assessment; (2) resourches identification; (3) spesification identification; (4) product development; (5)internal test; (6) external test;and (7) production. The results of this research showed that the learning module were attractive, very easy to use, and very useful. It was also effective to be used as a learning media because 82,76% of student reached the passing grade.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran menggunakan Learning content development system pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan prosedur pelaksanaan mengacu pada desain penelitian pengembangan media instruksional oleh Suyanto dan Sartinem yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) identifikasi sumber daya; (3) Identifikasi spesifikasi produk; (4) Pengembangan produk; (5) Uji internal; (6) Uji eksternal;dan (7) Produksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul pembelajaran hasil pengembangan memiliki kualitas yang menarik, sangat mudah digunakan, serta sangat bermanfaat menurut pengguna, modul pembelajaran juga dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena 82,76% siswa telah mencapai KKM.
Kata kunci: modul pembelajaran, learning content development system (LCDS), penelitian pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Ilham. 2010.Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI
Asyhar, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Kurniawan, 2015, Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Pada Materi Listrik Dinamis, Lampung, Universitas Lampung.
Miarso, Yusufhadi 2009. Menyemai Benih Pendidikan. Jakarta:kencana .
Munir. 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan). Bandung : Alfabeta
Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumiaksara.
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
____________. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suyanto, Eko dan Sartinem.2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntusan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung :Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.