HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Ernila Indah Febrika, Sugiyanto Sugiyanto, Baharuddin Risyak

Abstract

The aim of this research was to determine whether there is a relationship between learning styles and academic achievement. The study was conducted in SD Negeri 2 Pringsewu Timur. The method used in this research was descriptive, whereas the type of research that used was a correlation study. The sampling technique was using non-probability sampling technique with saturated sampling technique. Samples were numbered to 88 of fourth grade students. Collecting data was using observation tests and questionnaires to measure the student's learning style. Results of data analysis showed that there was a significant relationship between learning styles and academic achievement of students. Results of analysis was obtained by analysis of the correlation value of 0.650 and the coefficient of determination (R2) was 0.423 or learning style contributed 42.3% related to student achievement, the rest was supported by other factors. The conclusion from this study was that there is a significant relationship between learning styles and academic achievement of students.

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Pringsewu Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, sedangkan jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Sampel berjumlah 88 siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan tes observasi dan kuisioner untuk mengukur gaya belajar siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis diperoleh nilai korelasi sebesar 0,650 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,423 atau gaya belajar memberikan kontribusi sebesar 42,3% terhadap prestasi belajar siswa, selebihnya didukung oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar.

Kata kunci : gaya belajar, prestasi belajar, siswa kelas IV SD

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron M. Nur dan Risnawita Rini, S. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.