PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Rizky Agung Pratiwi, Supriyadi Supriyadi, Darsono Darsono

Abstract

Science learning at the fourth class of State Elementary School 1 Purworejo was not optimal yet. The researchs goal was applying Project Based Learning with student worksheet to increase the activity and study result of science. The research was action research with steps in every cycle, were planning, implementing, observing, and reflecting. The data collecting instrument used observation sheet and question test. The data analysis technique was using qualitative and quantitative analysis. Te research result showed that implementation or project based learning model with student worksheet can increase the activity and science study result.

Pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Purworejo belum optimal. Tujuan penelitian adalah menerapkan model Project Based Learning berbantuan LKS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, LKS, model project based learning

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

BSNP. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

BNSP. 2006. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Balajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Ngalimun. 2014. Strategi Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudrajat. 2008. Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif. Jakarta: Prenada Media Group.

Yulistia, Annisa. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SD Negeri 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2013/ 2014 (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.