PENERAPAN MODEL SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Isnaini Fitrah Sari, Sulistiasih Sulistiasih, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this study was to improve activity and study at the result of science study Vth class of SDN 2 Notoharjo through the application of the SAVI model. This research was a Classroom Action Research (CAR) that conducted in three cycles. Steps of the cycle was planning, acting, observing, and reflecting. Data collection techniques that were used analyzing were tests and nontest techniques, while the data collection tool that was used observation sheets and questions test, then in analyzing with qualitative analysis techniques and quantitative analysis. The results of research showed that the implementation of SAVI model in the science studies can improve the activity and student result of study.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 2 Notoharjo melalui penerapan model SAVI. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus. Tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes, sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes, kemudian di analisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model SAVI dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, SAVI

References

Arikunto, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BNSP. 2006. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Hanafiah, Nanang & Cucu, S. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, A. 2013. Teori Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada.

Sutrisno, L. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Suyadi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.