MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Dessy Ayu Purwandari, Muncarno Muncarno, Mugiadi Mugiaidi

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and the result of study by implementation of cooperative learning model type jigsaw with picture media. The method of the research was Classroom Action Reserach. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result showed that the student activity in cycle I 59,85 (active enough) and cycle II 77,71 (active). The result study of the cognitivie in cycle I74,29 (good) and cycle II 78,21 (good).

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media gambar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I sebesar 59,85 (cukup aktif) dan siklus II sebesar 77,71 (aktif). Sementara rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 74,29 (baik)dan siklus II sebesar 78,21 (baik).

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media gambar, jigsaw

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Garuda Persada Pers Group.

Hamalik, Oemar. 2001. Media Pengajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar.. 2003. Media Pengajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar.. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung: Ghalia Indonesia.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahardi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.