HUBUNGAN BUDAYA SEKOLAH DAN PEMBENTUKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR

Citra Puspita Sari, Riswandi Riswandi, Riswanti Rini

Abstract

This research aimed to find out the correlation between school culture and the establishment of effective school in elementary school. The type of this research was descriptive quantitative, reviewed from empirical research step included in the research using associative approach. The population of this research were the 9 elementary school with 169 teachers. The samples used in this research were 4 elementary school at Labuhan Ratu Bandar Lampung with 75 teachers. Sample interpretation techniques were cluster sampling and simple random sampling. The data was taken for two variables using questionnaire. Data analysis technique used was t-test. The result of this research showed that there were the positive correlation between school culture and the establishment of effective school that showed by 0.788 coeffisien correlation with 5.269 the score of t count.

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan budaya sekolah dan pembentukan sekolah efektif di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, ditinjau dari tingkat eksplanasi termasuk pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah 9 SD Negeri sebanyak 169 guru. Sampel yang digunakan 4 SD Negeri Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung sebanyak 75 guru dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling dan simple random sampling. Data yang diambil untuk kedua variabel menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara budaya sekolah dan pembentukan sekolah efektif ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,788 dengan nilai t hitung sebesar 5,269.

Kata kunci: budaya sekolah, sekolah efektif, sekolah dasar


References

Komariah, A. dan Triatna, C. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bandung: Bumi Aksara.

Kunandar. 2010. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Priansa. dan Somad, R. 2014. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Sulthon, M. 2009. Membangun Semangat Kerja Guru. Yogyakarta: LaksBangPRESSindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2013. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.