PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Desi Resti Fauzi, Sarengat Sarengat, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The purpose of this study was to improve activity and study result of mathematics inIVth class of SDN 1 Adirejo through the application of the contextual approach. The method of research was classroom action research that consist of planning, acting, observation, and reflection. The technique of data collection used were non test and test. The technique of data analysis that used were qualitative and quantitative analysis. The results showed that applying contextual approach can improve activity and study result.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Adirejo melalui penerapan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual.

References

Adjie & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung:UPI Press.

Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, B Elaine. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwangsih, Erna & Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPIPress.

Trianto. 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Produktif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.