PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE INKUIRI

Nurlitasari Ningsih, Supriyadi Supriyadi, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

Science learning in the IVth class at Elementary School 3 West Metro was not yet optimal. The aims of this research were to increase study result of science studies by implementing of discovery learning model with inquiry method. This research was classroom action research that consisted learning of planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and questions test. The technique analysis of data used qualitative analysis and quantitative analysis. The results of research showed that the implementation of discovery learning model with inquiry method can increase study result of Science studies.

Pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model discovery learning dengan metode inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat Pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Kata kunci: hasil belajar, metode inkuiri, model discovery learning


References

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

BSNP. 2006. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPPTK IPA.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hanafiah, Nanang, & Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hosnan. 2014. Pendekatan Scientific dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istiqomah, Fatih. 2014. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV SD Negeri 02 Tulung Balak Kabupaten Lampung Timur (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Kurniasih, Imas, & Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sapriya. 2007. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Sudrajat. 2008. Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto.2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuni, Neneng Dewi. 2013. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.