PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Rohani Rohani, Asmaul Khair, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

This study aimed to improve the activity and study result through the implementation of cooperative script model. This type of research was a classroom action research (PTK) that are performed in 2 cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected by using observation and written tests. Data analysis techniques were qualitative and quantitative data analysis. The results showed that the application cooperative script model can increase the activity and study result.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, cooperative script, hasil belajar.


References

Depdiknas. 2011. Sosialisasi KTSP Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 23 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hernawan, dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wardhani, IGAK dan Wihardit, Kuswaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.