PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sovia Via Rina, Alben Ambarita, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and study result of students by implementing problem solving method and visual media. The method of research was Classroom Action Research.The instrument of data collection used observation sheet and test.The technique of data analyze used qualitative and quantitative technique.The result of the research showed that the implementation of problem solving method and visual media increase the activities and study result of students.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode problem solving dan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media visual, metode problem solving.


References

Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD Bahan Ajar Cetak. Jakarta: Ditjen Dikti.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Arikunto. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Hamiyah, Nur & Mohammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran di SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.