PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Imma Shofiana Tsani, Suwarjo Suwarjo, Mugiadi Mugiadi

Abstract

The aims of research were to improve activity and study result through contextual approach. This research was Classroom Action Research (CAR) which was done in two (2) cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. Data collecting technique was using non-test and test technique. Data collecting tool was in the form of observation sheet and question test. Analysis of data was using qualitative and quantitative analysis techniques. The result of research showed that implementation of contextual approach can increase the activity and students result of study.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kotekstual

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitan Tindakan Kelas: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Wacana Prima.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Johnson, E.B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rosdijati, Nana, dkk. 2010. Panduan PAKEM IPS SD. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Sanjaya, Wina. 2014. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sapriya, dkk. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok : Holistica.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Kajian Konsep: Teori dan Strategi Pengembangannya. Malang: Surya Pena Gemilang.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 mengenai Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.